Investasi

8 Cara Investasi Emas Batangan untuk Pemula

PFI Mega Life
 11 Feb 2021
Berpikir untuk memulai dengan cara investasi emas atau menabung emas? Tidak pernah ada kata terlambat, mulai sekarang dengan cara smart berikut.

8 Cara Investasi Emas Batangan untuk Pemula

Tahukah Anda? Harga emas dunia naik di atas 20 persen sepanjang 2020 selama pandemi. Tidak peduli kondisi pasar saham yang fluktuatif, emas jadi aset yang terus meningkat hingga sempat menyentuh 1.800 dolar AS atau rata-rata senilai sekitar 1.770 dolar AS per tahun.

Tak heran, banyak investor kembali melirik cara investasi emas untuk mendulang keuntungan. Belum terlambat untuk memulai, simak dulu penjelasan seputar semua hal penting tentang cara investasi emas berikut ini.

 

Menabung Emas Apakah Pasti Untung?

Investasi emas erat dengan istilah safe haven. Artinya, aset emas nilainya terus bertahan dalam kondisi yang paling tidak terduga sekalipun. Bedakan juga dengan istilah safe asset yang menjanjikan nilai pengembalian atau terjamin, misalnya obligasi pemerintah.

Jika Anda membeli obligasi, sesungguhnya Anda meminjamkan uang ke pemerintah dengan imbalan suku bunga tertentu. Jadi, aset obligasi tersebut adalah set dengan pendapatan tetap dan nilainya relatif stabil.

Ini berbeda dengan cara investasi emas yang nilainya bisa fluktuasi. Emas umumnya naik di masa ketidakpastian dan umumnya bertahan saat investasi lainnya menderita kejatuhan; walaupun memang selalu ada kemungkinan investasi emas kembali stabil di level normal.

Kondisi investasi emas berupa sebuah safe haven menjadikannya sebagai salah satu aset paling bernilai di dunia. Simak saja pergerakan harga emas selama 2 dekade terakhir, baik di masa krisis finansial global pada awal 2008 dan selama masa pandemi, harga emas relatif stabil sepanjang tahun.

Jadi jika kalian ingin mencari aset atau komoditas yang stabil dan bisa bertahan lama, emas bisa jadi pilihan investasi tepat dan berpeluang besar memberikan keuntungan. Anda juga memegang aset fisik berupa emas batangan sebagai pilihan aman.

 

8 Cara Investasi Emas Batangan bagi Pemula

Berpikir untuk turut cara investasi emas? Gunakan 8 tips berikut untuk memulai perjalanan investasi emas sekarang juga :

1.  Langsung dari toko emas

Cara investasi emas termudah adalah dengan membeli emas di sentra perdagangan emas yang tersedia di kota domisili Anda. Setelah memiliki dana yang cukup, kunjungi toko terpercaya atau minta rekomendasi dari rekan yang sudah pernah membeli di toko tertentu.

Beberapa keuntungan membeli emas batangan secara langsung antara lain:

  • Tersedia berbagai pilihan dan variasi harga
  • Pelayanan untuk konsultasi lebih lanjut
  • Lebih puas memilih secara langsung
  • Mendapatkan nota resmi dari toko
     

2.  Pilih emas batangan, bukan perhiasan

8 Cara Investasi Emas Batangan untuk Pemula

Jika Anda memang ingin melakukan cara investasi emas via pembelian langsung di toko, prioritaskan untuk memilih emas batang dan bukan emas perhiasan. Umumnya, ada biaya desain atau pengerjaan yang cukup tinggi di kisaran 10-15 persen. Otomatis, harga pembelian emas perhiasaan menjadi lebih mahal.

Ini kecuali Anda ingin cara menabung emas yang sekaligus untuk menunjang penampilan. Selain itu, penting diingat biaya desain/pengerjaan itu tidak akan dihitung saat Anda menjual kembali.

3.  Membeli via Pegadaian

Program tabungan emas yang disediakan oleh salah satu perusahaan BUMN Indonesia yaitu Pegadaian, bisa dijadikan cara menabung emas yang aman. Tabungan Emas tersedia di seluruh outlet pegadaian, termasuk Pegadaian Digital Service dan Agen Pegadaian.

Sistemnya adalah dengan melakukan transfer ke rekening tersebut dan menabung mulai dari 0.1 gram. Setelah dana terkumpul hingga 1 gram, order cetak emas dapat dilakukan.

Beberapa keunggulan dari cara investasi emas ini adalah:

  • Harga jual dan buyback kompetitif
  • Dijamin emas 24 karat
  • Biaya administrasi dan pengelolaan ringan
  • Dikelola secara profesional dan transparan

 

4.  Mencoba layanan emas online

Pegadaian juga mengadakan sistem Pegadaian Digital dan Pegadaian Syariah Digital sehingga Anda tidak perlu bersusah payah mengunjungi outlet. Pastikan Anda hanya membeli emas online dari penyedia yang terpercaya dan sudah jelas sistem cara investasi emasnya.

Beberapa marketplace terpercaya juga telah bekerja sama dengan Pegadaian atau perusahaan Antam sebagai cara investasi emas yang mudah diakses khalayak ramai via aplikasi online. Di antaranya adalah Tokopedia, Bukalapak, Orori, dan Tamasia.

5.  Membeli emas sistem arisan

Ada satu lagi nih cara investasi emas yang bisa dilakukan dengan sistem arisan. Konsep arisan emas ini bukan lagi hal baru dan cukup dinikmati karena ada unsur silaturahmi sambil bersama-sama mendapat keuntungan finansial.

Sistem arisan emas bisa dilakukan bersama teman-teman yang punya komitmen untuk mengikuti secara tuntas. Dana kemudian dikumpulkan dana untuk dibelikan emas batangan sesuai dengan undian giliran pengambilan.

6.  Tahu cara menyimpan emas yang baik

Cara investasi emas yang baik tidak terlepas dari cara penyimpanan yang aman pula. Kepemilikan atas emas sebaiknya dijaga baik dengan cara menyimpan di area khusus di rumah, atau menitipkan ke layanan brankas perbankan. Hal paling penting dalam menyimpan emas adalah bukan soal penurunan kualitas, tetapi lebih kepada faktor safety dan tidak salah letak.

7.  Pantau pergerakan harga emas

Untuk yang ingin aktif dalam cara investasi emas, Anda disarankan memantau pergerakan harga emas supaya tahu timing tepat dalam menjual dan meraup keuntungan. Jika pada harga jual yang sudah memenuhi spread profit yang diinginkan, Anda boleh langsung menjual untuk mendapatkan keuntungan dari investasi.

8.  Fokus ke masa depan

Walaupun merupakan salah satu cara investasi yang digandrungi, cara investasi emas lebih cocok untuk periode jangka panjang. Terutama untuk emas batangan, investasi emas bersifat di atas 5 tahun. Jika Anda ingin berinvestasi emas dalam jangka pendek, lebih disarankan investasi emas online yang lebih praktis dan bisa diperjualbelikan dengan lebih cepat.

 

Hindari 3 Kesalahan Terbesar Menabung Emas Berikut

Setelah tahu cara investasi emas terbaik, hindari juga tiga kesalahan dalam cara menabung emas berikut:

  1. Salah dalam menentukan tujuan investasi. Investasi emas batangan umumnya disarankan untuk jangka panjang.
  2. Tidak memperhatikan kemurnian emas dan berakibat membeli emas palsu/tiruan. Sebaiknya memilih emas batangan berkualitas yang bisa dibuktikan dengan kelengkapan sertifikat.
  3. Gegabah dalam membeli. Sama seperti investasi lainnya, seorang investor emas juga sangat dianjurkan untuk memantau pergerakan harga pasar, menunggu momen yang tepat, serta membeli setelah membandingkan dari beberapa penyedia terbaik di pasaran.

 

Perlindungan Maksimal Investasi Emas

Dalam perjalanan investasi apapun, termasuk dalam cara investasi emas kali ini, pastikan semua berjalan lancar dengan ekstra proteksi dari PFI Mega Life. Memperkenalkan produk andalan Mega Investa Link & Mega Prima Link, dua pilihan terpercaya untuk investasi dan perlindungan terbaik keluarga Indonesia.

Mega Investa Link adalah adalah salah satu produk terbaru yang menawarkan asuransi jiwa serta. Penempatan premi cukup sekali dan tersedia pilihan dalam mata uang dollar AS. Produk ini juga sangat cocok untuk berinvestasi jangka panjang, sambil mendapatkan kenyamanan proteksi jiwa untuk kesejahteraan keluarga.

Mega Prima Link memungkinkan Anda mendapatkan peluang investasi melalui kelola pasar modal oleh tim manajer keuangan terkemuka di dunia. Selain itu, pemegang polis mendapatkan perlindungan asuransi jiwa hingga perlindungan mencapai usia 100 tahun.

Cari tahu lebih banyak lagi tentang produk- produk bermanfaat PFI Mega Link, hubungi sekarang juga!

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.