Investasi

Inilah Keuntungan dan Risiko Asuransi Pendidikan Anak yang Wajib Diketahui

PFI Mega Life
 11 Feb 2021
Asuransi pendidikan baru akan memperlihatkan nilai yang positif setelah melewati 5 tahun kepesertaan.

Inilah Keuntungan dan Risiko Asuransi Pendidikan Anak yang Wajib Diketahui

Memenuhi kebutuhan anak tidak sekadar menyediakan makanan dan pakaiannya. Sebagai orang tua, Anda pun mesti mempersiapkan bagaimana cara sang buah hati meraih cita-citanya.

Pendidikan menjadi hal mutlak agar anak mampu menggapai impiannmya di masa depan. Anda pun sebagai orang tua mesti bersiap menyediakan dana pendidikan yang dibutuhkan. Anda bisa memilih asuransi pendidikan ataupun melakukan investasi lewat tabungan berjangka. Ini agar Anda dan keluarga bisa menyiapkan dana pendidikan sang buah hati.

Masih banyak pro kontra mengenai tepat tidaknya asuransi pendidikan untuk menyiapkan dana pendidikan anak. Namun sampai sekarang, pamor asuransi pendidikan anak sebagai bekal dana buah hati belajar di sekolah hingga perguruan tinggi tidak pudar. Ini karena banyak orang tua paham betul betapa besarnya biaya pendidikan yang mesti dihadapi.

Asuransi pendidikan pun dianggap sebagai salah satu sokongan yang dapat membantu menyiapkan dana-dana tersebut. Asuransi pendidikan merupakan produk asuransi untuk persiapan dana pendidikan. Produk asuransi pendidikan umumnya juga ditambah dengan investasi sekaligus proteksi jiwa jika nasabah meninggal dunia.

Banyaknya aspek dalam asuransi pendidikan anak inilah yang membuat jenis investasi yang satu ini tetap dipilih oleh banyak orang guna mempersiapkan dana pendidikan anak.

 

Pentingnya Dana Pendidikan Anak

Mungkin Anda berpikir kapan waktu yang tepat untuk mulai menyiapkan dana pendidikan, mulai dari asuransi pendidikan anak, tabungan berjangka, ataupun instrumen investasi lainnya?

Jawabannya, sekarang juga. Semakin cepat Anda menyiapkan dana pendidikan anak, semakin baik. Ini karena waktu untuk pengembangkan nilai investasi Anda juga semakin panjang dan hasilnya dapat semakin besar.

Dana pendidikan anak menjadi sangat penting mengingat inflasi pendidikan meningkat tajam tiap tahunnya. Inflasi atau kenaikan harga secara umum tiap tahun hanya 3—4 persen. Namun khusus untuk pendidikan, inflasi tahunannya dapat menyentuh kisaran 10—15 persen untuk uang pangkalnya saja.

Nyatanya, biaya pendidikan bukan sekadar uang pangkal. Ada beragam komponen lain yang menjadi kebutuhan anak, mulai dari iuran sekolah yang mesti dibayarkan tiap bulan sampai lulus, buku-buku, transportasi, ekstrakurikuler, sampai uang jajan anak. Alasan inilah yang membuat pengembangkan dana lewat asuransi pendidikan maupun instrumen investasi lainnya perlu dilakukan.

Asuransi pendidikan pun menjadi kian penting mengingat tidak selamanya Anda sebagai orang tua dapat bekerja. Ada masa Anda pensiun sebelum anak menyelesaikan pendidikan. Harus dipersiapkan juga kemungkinan Anda, sebagai orang tua, meninggal dunia sehingga tidak mampu lagi mendampingi anak dan membiayai pendidikannya. Alasan inilah yang memperkuat asuransi pendidikan mesti segera disegerakan sejak anak masih usia dini.

 

Keuntungan Asuransi Pendidikan

Kenapa harus asuransi pendidikan, padahal ada banyak jenis instrumen investasi lain untuk mengembangkan dana?

Baik asuransi pendidikan maupun jenis investasi lainnya memiliki keunggulan masing-masing. Khusus untuk asuransi pendidikan, Anda bisa lebih tenang menyiapkan dana pendidikan anak karena berbagai keuntungan berikut:

Inilah Keuntungan dan Risiko Asuransi Pendidikan Anak yang Wajib Diketahui

1.  Dana Berkembang

Selayaknya investasi, nilai asuransi pendidikan anak Anda akan terus berkembang. Semakin cepat Anda memulai menjadi nasabah asuransi pendidikan, semakin besar pula kemungkinan pengembangan dana.

Besaran pengembangan dana pada asuransi pendidikan lebih pasti dibandingkan jenis investasi pendidikan lain yang bersifat agresif. Dibandingkan tabungan pendidikan pun, pengembangan dana di asuransi umumnya lebih besar.

2.  Terbiasa Disiplin

Kalau Anda memilih instrumen investasi biasa untuk menyiapkan dana pendidikan, seberapa konsistenkah Anda melakukan pembelian instrumen tersebut?

Biaya pendidikan sangatlah besar dan tidak cukup jika penyiapan dananya hanya dalam sekali pembelian investasi. Kebanyakan kasus terjadi adalah seseorang membeli jenis investasi tertentu pada sekali waktu, kemudian memutuskan untuk tidak membeli lagi karena memikirkan kebutuhan lain.

Lain halnya jika Anda memutuskan memiliki asuransi pendidikan anak sejak awal. Tiap bulan atau tahunnya Anda akan dituntut untuk membayar premi yang dapat diartikan sebagai pembelian investasi yang konsisten.

3.  Premi Fleksibel

Tidak perlu khawatir bahwa asuransi pendidikan akan memakan banyak anggaran rumah tangga Anda. Nyatanya, Anda bisa menyesuaikan premi asuransi dengan kemampuan Anda.

Konsep yang terpenting adalah menjadi nasabah asuransi secepat mungkin agar durasi pengembangan dana bisa lama dan membuahkan hasil yang memuaskan. Meskipun premi tergolong kecil, jika dilakukan dalam jangka waktu lama, nilainya sanggup untuk membiayai kebutuhan pendidikan buah hati.

4.  Penyertaan Asuransi Jiwa

Dapat bayangkan apabila Anda tiba-tiba kehilangan mata pencaharian ataupun Anda meninggal dunia. Jika hal itu terjadi, bagaimana nasib dana pendidikan Anda?

Jika memilih instrumen investasi lain, dapat dipastikan Anda tidak bisa melanjutkan investasi. Dana pendidikan yang Anda siapkan untuk buah hati pun akan terhenti. Namun, tidak akan demikian jika Anda memilih asuransi pendidikan.

Asuransi pendidikan umumnya telah disertai dengan asuransi jiwa. Jadi apabila Anda sebagai nasabah tiba-tiba meninggal ataupun mengalami kecacatan atau penyakit tetap yang membuat tidak bisa bekerja, premi asuransi tidak akan ditagihkan lagi.

Meskipun demikian, nilai pengembangan dana akan terus berjalan sesuai kesepakatan awal. Ditambah lagi apabila Anda meninggal, adanya asuransi jiwa pada asuransi pendidikan membuat buah hati Anda sebagai ahli waris akan menerima sejumlah dana sebagai bentuk pertanggungan. Selain itu, masih diberikan uang hasil investasi yang besarannya tergantung pengelolaan dana nasabah oleh perusahaan asuransi.

 

Risiko Asuransi Pendidikan

Inilah Keuntungan dan Risiko Asuransi Pendidikan Anak yang Wajib Diketahui

Keuntungan memiliki asuransi pendidikan memang cukup banyak. Namun sebelum membeli produk investasi ini, Anda juga memahami apa saja risiko yang menanti Anda sebagai nasabah asuransi pendidikan.

Berikut risiko-risiko umum yang akan atau sudah dialami para nasabah asuransi pendidikan.

1.  Potongan Biaya

Jangan beranggapan bahwa besaran total dana yang terkumpul sebelum ditambah nilai pengembangan adalah sejumlah dana yang Anda setorkan. Anda juga harus memikirkan bahwa selalu ada pemotongan premi untuk biaya perusahaan asuransi. Besaran premi setelah dipotong biaya-biaya administrasi tersebutlah yang nantinya akan dialokasikan ke sejumlah instrumen investasi lain oleh pihak asuransi.

2.  Jangka Waktu Lama

Selayaknya investasi, besaran nilai asuransi pendidikan anak Anda tidak akan lansung melonjak tajam. Anda bahkan bisa kecewa apabila melihat pergerakan nilai asuransi pendidikan yang Anda pilih dalam 5 tahun pertama.

Ini karena pada jangka waktu tersebut, nilai asuransi biasanya justru menyusut. Total nilai asuransi baru terlihat menggairahkan ketika sudah menembus jangka waktu 10 tahun. Karena alasan inilah, Anda perlu menyiapkan dana pendidikan lewat asuransi dengan jangka waktu yang panjang.

3.  Tidak Fleksibel

Anda mungkin memiliki kebutuhan mendadak yang memerlukan banyak uang. Anda lalu berpikir untuk mengambil sebagian dana yang telah disetorkan di asuransi untuk menanggulanginya. Tentu saja Anda akan kecewa karena hal ini tidak bisa dilakukan.

Asuransi bukanlah tabungan yang dapat fleksibel diambil atau disetor kapan saja. Ketika memutuskan melakukan asuransi pendidikan anak, pembayaran kembali nilai premi Anda baru akan dilakukan sesuai kesepakatan awal.

4.  Tenor Premi Memanjang

Kasus ini memang tidak terjadi di tiap kondisi. Hanya saja, ada kemungkinan Anda harus membayar tenor premi lebih panjang daripada seharusnya. Kondisi tersebut akan Anda alami apabila nilai investasi pada asuransi pendidikan tidak menguntungkan karena berbagai faktor.

Dalam memilih asuransi, Anda harus memperhatikan bonafid tidaknya perusahaan asuransi yang Anda pilih. PFI Mega Life menjadi salah satu perusahaan asuransi terpercaya yang bisa Anda pertimbangkan masak-masak untuk menjadi tempat berlabuh asuransi Anda.

Salah satu produk asuransi dari PFI Mega Life yang dapat dilirik untuk penyiapan dana pendidikan anak adalah Mega Investa Link. Lewat asuransi investasi ini, Anda tidak akan diberatkan dengan pembayaran premi tiap bulan atau tahun.

Mega Investa Link menyediakan model pembayaran premi satu kali atau sekaligus. Selain menjanjikan nilai investasi, Mega Investa Link juga siap menyediakan pertanggungan sesuai fungsinya sebagai asuransi jiwa.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.