Investasi

7 Tips Investasi dari Investor Tersukses di Dunia

PFI Megalife
 19 Sep 2018
Tujuh investor tersukses di dunia membagikan ilmu keberhasilan di pasar saham.

Berinvestasi adalah alternatif bagus dalam meningkatkan pendapatan pasif. Anda pun bisa memilih dari berbagai produk investasi untuk menanamkan dana lebih.

Saham perusahaan, yang Anda bisa miliki lewat pialang atau institusi perbankan yang menawarkan reksadana, tetap menjadi pilihan prima bagi banyak investor. Ini dikarenakan banyak sekali investor yang telah meraih kesuksesan finansial berkat pilihan tepat dalam investasi saham.

Tips Investasi dari Investor Sukses

Jadi, jika Anda pun ingin berhasil dalam investasi saham, tidak ada salahnya untuk mengenal beberapa tips investasi dari ahli-ahli investasi di dunia.

1. Lo Kheng Hong, Investor Value

 

"Sayang, jika uang digunakan buat membeli mobil mahal"

Lo Kheng Hong meurpakan seorang investor value Indonesia jenis individu. Lo Kheng Hong disebut-sebut sebagai Warren Buffett-nya Indonesia dalam dunia investor saham.

Beberapa tahun silam, Lo Kheng Hong mengatakan sesuatu yang sangat menarik, di mana beliau tidak mau membeli mobil mewah. Mengapa demikian? 

Alasan Lo Kheng Hong sangatlah valid. Pertama, karena hagra mobil semahal apapun pasti akan terus turun. Kedua, dirinya khawatir apabila terlalu mencolok dan menjadi korban perampokan.

2. Ellen May, CEO Emtrade

"Belajar adalah awal dari kekayaan, kesehatan, dan spiritualitas. Belajar adalah awal dari segala keajaiban, termasuk pelipatgandaan aset."

Ellen May merupakan seorang trader wanita yang sukses. Beliau merupakan CEO sekaligus Educator dari Ellen May Institute.

Kiprahnya dalam dunia saham membawa dirinya menjadi Founder dan CEO di Emtrade. 

Ellen May juga dikenal sebagai seseorang yang tidak pelit ilmu, dan sering berbagi kepada kita semua melalui fitur LIVE di media sosial yang dimilikinya.

3. Warren Buffet, Ketua dan CEO Berkshire Hathaway

“Kesuksesan berinvestasi membutuhkan waktu, disiplin dan kesabaran. Tidak peduli seberapa besar bakat atau usaha, beberapa hal memang membutuhkan waktu”.
(“Successful Investing takes time, discipline and patience. No matter how great the talent or effort, some things just take time.”)

Warren Buffet dikenal sebagai ‘Oracle of Omaha’, atau ‘Peramal dari Omaha’ karena kemampuan tajamnya untuk memprediksi arah pasar modal. Karena itu, dia dianggap guru pasar saham oleh berbagai penanam modal. Tips investasi ala Buffet adalah, investor harus sabar dan tekun ketika menunggu hasil dari investasinya karena investasi sebaiknya dijalankan dalam jangka panjang.

4.   Peter Lynch, Manager Fidelity Magellan Fund

“Ini adalah salah satu kunci sukses berinvestasi: fokus kepada perusahaan, dan bukan sahamnya.”
(“This is one of the keys to successful investing: focus on the companies, not on the stocks.”)

Peter Lynch adalah salah satu investor dan manager reksadana ternama di dunia. Prestasinya dalam meningkatkan dana investasi membuatnya dianggap sebagai legenda oleh berbagai pemerhati industri keuangan. Lynch mengajak investor untuk memperhatikan kualitas perusahaan, dan bukan besarnya harga saham, karena kesehatan perusahaanlah yang memastikan keberlangsungannya di masa depan.

5.  Carl Icahn, Pendiri, Icahn Enterprises

“CEO adalah keputusan terpenting bagi perusahaan. Perusahaan akan naik dan jatuh bersama CEOnya.”
(“The CEO is, by far, the most important decision for a company. The company is going to rise and fall with the CEO.”)

Carl Icahn mendirikan Icahn Enterprises, perusahaan konglomerasi yang berkecimpung di berbagai industri, termasuk otomotif dan real estate. Icahn percaya bahwa chief executive officer (CEO), sebagai pemimpin perusahaan, menentukan arah perusahaan. Karena itu, tips investasi darinya ialah memilih berinvestasi di perusahaan yang dinahkodai oleh CEO yang piawai.

6.  George Soros, Pendiri, Quantum Fund

“Pasar selalu dalam keadaan tidak menentu dan cair, dan uang dihasilkan dengan mendiskon apa yang sudah jelas dan bertaruh apa yang tidak terduga.”
(“Markets are constantly in a state of uncertainty and flux and money is made by discounting the obvious and betting on the unexpected.”)

7. Suze Orman, Ahli Keuangan Pribadi


“Jangan pernah menginvestasikan tabungan darurat di pasar saham.”
(“Never invest emergency savings in the stock market.”)

Tidak banyak perempuan yang sampai di posisi atas dunia keuangan, namun Suze Orman berhasil meraih kesuksesan dengan menjalani karir sebagai penasihat keuangan dan penulis buku tentang keuangan. Menurut Orman, seseorang harus menanamkan dana lebihnya di pasar saham. dan bukan tabungan intinya. Ini dikarenakan apabila investasinya tidak membuahkan hasil, maka orang itu tidak akan kesusahan keuangan.



Selain membagikan ilmu mereka melalui berbagai wawancara dengan media, banyak dari investor-investor sukses telah menulis buku dimana mereka membagikan pengetahuan mereka.

Jika Anda ingin berhasil seperti mereka, buku-buku ini akan memberikan Anda pandangan lebih dalam mengenai keuangan. Jadi, ayo mulai membaca.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.