1 Likes
Finansial

12 Jenis Wirausaha yang Cocok Dilakukan saat Pandemi

PFI Mega Life
 22 Feb 2021
Sedang cari jenis wirausaha yang cocok dilakukan saat pandemi? Saatnya lebih jeli dengan pilihan jenis wirausaha yang tetap bisa booming di masa pandemi ini.

12 Jenis Wirausaha yang Cocok Dilakukan saat Pandemi

Tidak sedikit bisnis yang gulung tikar pada masa pandemi. Baik jenis wirausaha yang berukuran besar, sedang maupun kecil, semuanya menemui tantangan luar biasa yang tidak mudah untuk diatasi. Hal ini berlaku secara global di seluruh dunia, termasuk di Indonesia sendiri dimana Menteri Tenaga Kerja sudah mencatat hingga hampir 10 juta jiwa yang berstatus pengangguran akibat pandemi.

Namun disisi lain, banyak juga geliat wirausaha yang justru malah booming semasa pandemi. Bukan hanya berkaitan langsung dengan pandemi misalnya industri kesehatan, melainkan juga wirausaha baru yang mencari peluang segar untuk bertahan hidup dan bahkan semakin berkembang dari waktu ke waktu.

Ciri-ciri wirausaha demikian juga bisa kalian jajaki sambil terus berusaha keras melawan efek pandemi. Temukan sisi entrepreneur dan ciptakan arti wirausaha sendiri dengan 12 ide peluang usaha saat pandemi berikut:

1.  Jastip

Jenis wirausaha yang sudah eksis sejak pra-pandemi, jastip atau singkatan dari jasa titip adalah layanan asisten belanja dimana Anda akan berbelanja titipan produk dari si pembeli. Biasanya jastip ideal untuk produk- produk yang tidak bisa selalu didapatkan dengan mudah, misalnya jastip produk luar negeri.

Jenis wirausaha ini ideal di masa pandemi karena keterbatasan orang-orang untuk keluar rumah, sedangkan kebutuhan akan suatu produk tetap harus dibutuhkan. Kini jastip tidak hanya terbatas pada barang bermerek tetapi juga bisa bersifat mendasar, misalnya jastip kebutuhan perlengkapan dapur hingga produk lainnya. Kelebihan jenis wirausaha ini adalah tidak membutuhkan banyak modal karena Anda bisa mengambil DP 50-70 persen sebagai jaminan membeli barang.

2.  Dropship

Mekanisme jastip adalah tidak menyetok barang, jadi Anda menjadi perantara antara supplier dengan pembeli tanpa harus mengeluarkan modal. Bahkan jenis wirausaha ini juga sudah lumrah di berbagai online marketplace di Indonesia; pengiriman barang akan diurus pihak supplier, dengan tetap mencantumkan nama Anda sebagai penjualnya.

Anda bisa mengambil keuntungan tipis dengan rajin memasarkan produk- produk favorit dan juga jeli memasarkannya. Dengan demikian, calon pembeli mau membeli dari Anda tanpa harus tahu apakah Anda sebagai penyetok atau pengirimnya.

3.  Reseller

Berbeda dengan jastip, sistem reseller terkadang mengharuskan stok dengan profit margin tertentu. Dalam jenis wirausaha ini, Anda umumnya diwajibkan membeli sejumlah stok dan lalu memasarkan kembali untuk mendapatkan keuntungan. Walaupun harus mengeluarkan sejumlah modal, reseller bisa jadi jenis wirausaha yang berkembang pesat terutama jika Anda diberi harga distributor, ekslusifitas, dan harga yang bersaing.

4.  Mengajar Online

Tidak lagi hanya terbatas pada mengajar yang berkaitan dengan pendidikan dalam arti akademis, mengajar online kini jadi jenis wirausaha baru yang sangat prospektif. Pandemi telah membuka tren baru kelas online seperti workshop, webinar, dan berbagai jenis pembelajaran daring yang beragam topiknya.

Sebut saja kelas karir, kelas kepribadian, kelas skills teknis, kelas menulis, hingga kelas fitness dengan platform online. Jadi Anda bisa memanfaatkan skills yang dimiliki dan jika ada audiens yang bersedia membayar, ini bisa dijadikan jenis wirausaha yang sangat sesuai passion Anda.

5.  Freelance Sesuai Skills

Freelance adalah pekerjaan yang tidak terikat kontrak kerja dan memperbolehkan Anda bekerja tanpa harus hadir dalam konteks karir biasa, misalnya berangkat kantor dalam jam kerja standar. Anda tetap bisa bekerja di rumah dan menyerahkan hasil pekerjaan sesuai deadline dan bayaran yang disepakati.

Fleksibilitas ini salah satu keunggulan sekaligus menjadi jenis wirausaha yang sering dilirik, terutama untuk beberapa bidang seperti desain grafis, web developer, menulis, content creator, dan digital strategist.

6.  Jasa Belanja Kebutuhan Sehari-hari

Semenjak pandemi, kebutuhan mendasar menjadi prioritas banyak rumah tangga dan keluarga. Tak pelak, banyak jenis wirausaha baru yang khusus menyasar kebutuhan seperti sayur mayur, daging mentah, bumbu dapur dan sebagainya. Ini

bisa jadi sasaran bisnis baru Anda karena jenis wirausaha ini tetap menjawab tuntutan primer, selain memberikan kemudahan. Ini karena pelanggan tidak lagi harus keluar rumah dan berbelanja sendiri karena alasan pandemi.

7.  Digital Marketing

Digital marketing adalah semua hal yang berkaitan dengan usaha pemasaran dalam platform digital. Sebagai seorang digital marketer, kalian bisa menawarkan jasa seperti usaha optimasi website, Search Engine Marketing, Content Marketing, Social Media Marketing, Email Marketing hingga jasa ads. Dengan memiliki keahlian khusus ini, Anda bisa jadi seorang digital marketer yang handal dan akan dicari banyak pelanggan. Jenis wirausaha ini diyakini akan terus dibutuhkan untuk era digital bahkan setelah pandemi berakhir.

8.  Produk/Jasa Hobi Semasa Pandemi

Jeli dalam menyasar trend dalam masa pandemi bisa jadi kunci jenis wirausaha baru yang bisa dijadikan peluang. Berbagai hobi yang muncul semasa pandemi antara lain hewan peliharaan, aktivitas bersepeda, gaya fashion tertentu, hingga tanaman hias.

Dari banyaknya tren ini, Anda boleh memilih yang lebih dikuasai untuk dijadikan salah satu bibit bisnis yang terus ditekuni. Dengan mendekati komunitas hobi dan pemasaran online maupun offline, peluang bisnis ini tidak harus bersifat musiman sepanjang memang ada kebutuhan pasar yang konsisten.

9.  Usaha Barang Bekas/Preloved

Berbisnis barang bekas bisa dimulai dari benda milik sendiri yang sudah tidak lagi digunakan dan masih dalam kondisi layak pakai/jual. Bukan hanya dipicu trend pandemi, keterbukaan konsumen terhadap produk bekas juga menjadikan jenis wirausaha ini layak dipertimbangkan. Sebut saja buku bekas, perlengkapan bayi, furnitur, sepatu atau benda fashion dsbnya yang bisa saja malah meningkat harganya walau dalam kondisi sudah pernah dipakai.

Bisnis barang bekas juga bisa dilakukan dengan cara mengumpulkan produk orang lain lalu dipasarkan dengan sistem konsinyasi atau titip jual. Dalam jenis wirausaha yang bersifat barang bekas atau preloved, praktis tidak ada modal usaha karena mengandalkan benda yang sudah dimiliki sebelumnya.

10.  Masker & Produk Kesehatan

Tidak dipungkiri, pandemi memang membuat semua hal yang berbau kesehatan jadi melejit pesat. Ini bisa dijadikan peluang dengan cara berjualan masker dan produk kesehatan. Kuncinya adalah pintar dengan ide produk, misalnya jamu alami, produk madu, alat olahraga yang praktis dan sebagainya.

11.  Jasa Produksi Event

Dikarenakan tren event bergeser ke online, bisnis yang bersifat event organizer tetap bisa dilirik. Anda bisa menyediakan layanan penyelenggaraan event secara streaming. Bisnis ini memang cukup membutuhkan investasi pada infrastruktur dan perangkat online, serta harus dibarengi dengan ide-ide marketing dan kreativitas. Jika Anda punya keahliannya, jasa produksi event bisa dimanfaatkan sebagai ide wirausaha yang penuh jaringan dna peluang.

12.  Agen Asuransi

Fakta menunjukkan kalau kebutuhan akan produk asuransi meningkat pesat semasa pandemi. Masyarakat kian sadar akan pentingnya membekali diri dengan produk asuransi yang bisa memberikan perlindungan atas kesehatan serta manfaat uang pertanggungan di kondisi yang serba tidak pasti.

Dengan turut mengambil bagian, Anda bisa memulai jenis wirausaha pribadi sebagai agen asuransi di perusahaan yang terpercaya. Sambil membantu klien dan mendapat penghasilan, manfaatkan momentum pandemi lewat perusahaan asuransi.

 

Cari Cuan dan Cari Aman dengan Mega Saving Protection

12 Jenis Wirausaha yang Cocok Dilakukan saat Pandemi

Bertahan pada masa pandemi memang tidak gampang, tetapi jangan sampai menjadikan Anda abai akan pentingnya asuransi yang melindungi masa depan Anda dan keluarga. PFI Mega Life sebagai salah satu perusahaan asuransi terkemuka tahu akan pentingnya cita-cita wirausaha yang ingin dicapai dan tetap siap atas kemungkinan terburuk yang bisa terjadi.

Degan Mega Saving Protection, dapatkan produk asuransi dengan komponen tabungan yang memiliki manfaat pasti. Produk asuransi dwiguna ini melindungi terhadap risiko meninggal dunia dan memiliki sistem pembayaran manfaat tahapan terjadwal untuk perencanaan finansial yang semakin mantap. Cari tahu lebih banyak soal Mega Saving Protection sekarang juga dengan cara hubungi kami!

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.