Finansial

Tips Memulai Usaha Rumahan Milik Anda

PFI Megalife
 31 Mei 2019
Usaha rumahan memberikan peluang yang menjanjikan. Namun, kurangnya perhatian dari pemerintah membuat banyak usaha yang gulung tikar. Bagaimana cara mengatasinya?

Usaha Rumahan

 

Di zaman yang serba tidak pasti seperti sekarang ini, kebutuhan hidup kian hari kian tinggi. Harga-harga barang perlahan tapi pasti meningkat setiap waktu. Kebutuhan harian rumah tangga mungkin belum bisa tercukupi secara sempurna apabila hanya mengandalkan gaji saja. Oleh karena itu, banyak yang mulai berfikir bagaimana cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan, namun dengan modal yang sedikit bahkan bisa dilakukan di rumah sekalipun.

Ide untuk membuat usaha rumahan bisa dibilang sangat tepat dan menjanjikan. Modal yang digunakan untuk merintis usaha di rumah dapat dijadikan investasi untuk sumber penghasilan di masa depan. Kemajuan teknologi digital membuka berbagai kesempatan bagi setiap orang untuk memulai bisnisnya masing-masing. Namun, kurang promosi dan perhatian terhadap UMKM dari pihak pemerintah kerap menjadi masalah bagi pebisnis pemula untuk mengembangkan bisnisnya, bahkan tidak sedikit yang harus gulung tikar. Untuk menanggulangi hal tersebut, terdapat beberapa cara mempromosikan usaha di rumah yang bisa Anda terapkan berikut ini.

Melalui Media Sosial

 

Memanfaatkan media sosial untuk usaha rumahan

 

Untuk mulai mempromosikan usaha rumahan Anda, manfaatkanlah pemasaran melalui media sosial sebaik mungkin. Dengan menggunakan media sosial, terdapat beberapa jenis dan fitur yang dapat memudahkan Anda dalam memasarkan segala produk yang dihasilkan dari usaha yang Anda miliki. Selain itu, dengan memanfaatkan pemasaran via media sosial, usaha rumahan Anda juga  bisa terluaskan hingga akhirnya semua orang dari mana saja bisa mengetahui keberadaan bisnis dan menjadi pelanggan setia Anda.

Memberikan Sampel Produk ke Orang Terdekat

 

Ketika mengawali bisnis baru, tidak ada salahnya membagikan sampel produk gratis ke beberapa orang terdekat. Dengan membagikan sampel produk, hal tersebut akan berbuah feedback yang baik untuk kelangsungan bisnis Anda kedepannya. Mereka akan secara sukarela memberi masukan, bahkan Anda juga akan mendapatkan testimonial dari penggunaan produk usaha rumahan milik Anda yang bisa ditampilkan di media sosial.

Ikut Serta dalam Berbagai Kegiatan Bazaar

 

Usaha rumahan tidak akan bisa berkembang baik jika Anda hanya duduk diam tanpa melakukan usaha apapun. Salah satu strategi pemasaran atau promosi untuk mengenalkan setiap produk yang dihasilkan dari usaha rumahan Anda adalah dengan mengikuti berbagai kegiatan pameran atau bazaar. Dengan begitu, Anda memiliki kesempatan untuk memamerkan dan mengenalkan setiap produk-produk yang telah dihasilkan. Selain itu, megikuti kegiatan pameran atau bazaar tidak hanya meningkatkan penjualan produk secara signifikan, namun Anda juga dapat memperluas jaringan relasi bisnis lebih banyak lagi.

Memasarkan di Marketplace

 

Selain mempromosikan produk melalui media sosial, pemilik usaha rumahan juga bisa memasarkan setiap produk yang dimiliki memalui marketplace, yaitu jenis portal yang memberikan kesempatan bagi pengusaha UKM untuk melakukan promosi secara gratis, dengan memiliki halaman toko online mereka sendiri.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memasarkan produk-produk Anda pada suatu marketplace. Layaknya berjualan di sebuah pusat perbelanjaan, ada persaingan untuk menarik pengunjung berbelanja di marketplace. Oleh sebab itu, selalu tampilkan profil menarik dengan alamat dan data kontak yang lengkap. Berikan foto yang enak dilihat serta deskripsi produk dengan sangat jelas. Kemudian pastikan Anda selalu memberikan respon kepada calon pembeli dengan cepat. Dukung pula dengan testimoni-testimoni yang baik untuk meningkatkan rating toko Anda sehingga calon pembeli tidak ragu untuk berbelanja.

Manfaatkan Suatu Komunitas

 

Komunitas adalah salah satu tempat terampuh untuk memasarkan produk-produk dari usaha rumahan Anda. Dalam suatu komunitas seperti, arisan, pengajian, atau mungkin dalam seminar wirausaha, Anda dapat memasarkan produk-produk Anda sehingga akan dikenal oleh banyak orang.  Jangan ragu untuk membagikan brosur mengenai produk yang Anda tawarkan dan mempresentasikan usaha rumahan yang sedang dijalankan.

Bayangkan berapa orang yang berhasil Anda berikan informasi mengenai bisnis Anda dengan menggunakan sistem yang sederhana ini. Jika anggota dalam suatu komunitas tersebut berjumlah 30 orang, maka potensi kabar yang akan menyebar bahwa Anda memiliki usaha bahkan bisa mencapai dua kali lipatnya.

Selalu Memberikan yang Terbaik

 

Pembeli adalah raja, maka sudah seharusnya Anda selalu memberikan yang terbaik untuk pembeli agar mereka merasa puas. Jika pembeli merasa puas, secara tidak langsung mereka akan datang kembali dan menyarankan kepada orang lain untuk membeli produk dari usaha rumahan yang Anda miliki.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mulai mempromosikan usaha rumahan milik Anda. Apapun jenisnya jalani tetaplah selalu mengedepankan kualitas dari setiap produk yang dihasilkan dan selalu lakukan dengan sepenuh hati. Pada dasarnya, menjadi seorang pengusaha merupakan salah satu pekerjaan berat tapi juga setimpal dengan apa yang akan didapatkan jika berhasil nantinya.

Disamping itu, jangan ragu untuk mengivestasikan keuangan Anda di asuransi terpercaya agar keuntungan yang didapatkan pada masa depan lebih maksimal dan dapat meminimalisir segala resiko investasi yang ada.

 

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.