Finansial

10 Jenis Usaha Jasa yang Berpeluang Menguntungkan

PFI Mega Life
 03 Agu 2021
Banyak jenis usaha jasa yang tidak memerlukan modal ketika merintisnya. Simak ulasan berikut untuk lebih lengkapnya!

Jenis Usaha Jasa yang Berpeluang Menguntungkan

Menjadi seorang wiraswasta tidak melulu harus membuat bisnis menjual barang. Anda juga bisa menjual jasa dengan potensi keuntungan yang tidak kalah menarik. Usaha jasa adalah jenis usaha yang menjual atau memperdagangkan pelayanan atau jasa. Tentunya tidak ada produk fisik yang dijual apabila akhirnya Anda menjalankan jenis usaha yang satu ini.

Pelayanan yang bisa ditawarkan dalam usaha jasa sangatlah bermacam-macam. Kadang kala bagi yang tidak mengerti, pelayanan yang diperdagangkan tampak sangat abstrak, namun nyatanya memiliki manfaat bagi orang yang membeli jasa tersebut. Contoh usaha jasa sendiri amat banyak, mulai dari menjual jasa tenaga untuk membersihkan sampai menjual jasa dalam bentuk kemampuan atau keahlian.

Beberapa jenis usaha jasa bahkan bisa mulai Anda jalani dengan modal nol rupiah. Beberapa jenis usaha jasa lainnya memang memerlukan modal yang mungkin tidak sedikit. Namun pada akhirnya, keuntungan jasa dengan modal berapapun tersebut sangatlah menggiurkan. Berikut ini adalah beberapa contoh usaha jasa yang dapat Anda pertimbangkan untuk memperoleh keuntungan yang menjanjikan.

Jenis Usaha Jasa yang Berpeluang Menguntungkan

 

1. Usaha Jasa Les Privat

Usaha jasa les privat merupakan jenis usaha jasa yang bisa dibilang tidak memerlukan modal sama sekali. Yang penting, Anda memiliki kemampuan akan suatu materi les yang diprivatkan. Tidak harus selalu pelajaran, Anda juga bisa membuat les privat sesuai keahlian Anda, seperti les privat masak, les privat piano, maupun les vokal.

Jangan berpikir usaha jasa ini tidak bisa berkembang. Setelah memiliki pasar yang cukup besar, Anda bisa memperluas usaha dengan merekrut teman-teman Anda untuk menjadi pengajar privat. Anda yang menyediakan pasarnya, mereka tinggal mengajar. Anda dapat menerapkan sistem komisi, seperti 80 persen untuk pengajar dan 20 persen untuk Anda. Pilihan lainnya, Anda bisa menetapkan tarif jasa ajar per jam kepada pengajar Anda.

 

2. Usaha Jasa Penerjemahan

Anda mungkin berpikir pada zaman teknologi seperti sekarang, sudah tidak dibutuhkan lagi jasa penerjemah. Siapa bilang? Kenyataannya, masih banyak instansi maupun individual yang membutuhkan jasa penerjemahan tersumpah. Ini untuk memastikan hasil terjemahan benar-benar valid dan data dari dokumen yang diterjemahkan tidak bocor jika tergolong penting.

Tentunya Anda perlu untuk mengambil sertifikat jasa penerjemah tersumpah untuk mendapatkan pasar besar yang tarif jasanya tergolong tinggi ini. Alangkah lebih baik lagi jika Anda mempelajari bahasa-bahasa bidang umum tertentu, seperti bidang ekonomi, teknologi, maupun kedokteran yang biasanya memiliki kosakata khusus terkait bidang tersebut.

 

3. Usaha Jasa Penulisan

Namanya saja usaha jasa penulisan, hal yang dijual adalah kemampuan Anda dalam menulis. Jenis usaha jasa yang satu ini terbentuk dari adanya klien-klien yang membutuhkan tulisan tertentu secara runut dan bisa dimengerti. Umumnya, klien akan meminta Anda untuk membuat tulisan dalam bentuk artikel. Walaupun beberapa subjenis dari usaha jasa yang satu ini juga bisa ghost writer untuk penulisan buku. Yang tren belakangan ini juga, usaha jasa penulisan bisa merambah ke pembuatan konten untuk media sosial.

Bukan hanya kemampuan menulis yang Anda butuhkan untuk membuat usaha jasa yang satu ini. Lebih dari itu, Anda mesti memiliki kemauan dalam mempelajari beragam topik, mengingat nantinya klien-klien Anda datang dari berbagai ranah disiplin ilmu dengan permintaan tulisan yang berhubungan dengan bidang mereka masing-masing. Anda bisa memulai menjalan usaha jasa ini dengan memasukkan portofolio Anda ke platform pekerja lepas yang umumnya tidak memiliki biaya pendaftaran.

 

4. Usaha Jasa Pembuatan Website

Berkembangnya sektor teknologi dan informasi membuat makin banyak orang yang membutuhkan situs atau website, baik untuk kebutuhan instansi maupun keperluan pribadi. Faktanya, jumlah website di seluruh dunia saat ini sudah sekitar 2 miliar dengan tren kenaikan yang signifikan. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk meraih keuntungan.

Anda bisa membuat usaha jasa pembuatan website untuk menangkap peluang untung tersebut. Hanya saja untuk menjalankan contoh usaha jasa yang satu ini, Anda perlu memiliki kemampuan dari sisi teknologi sampai desain. Anda bisa mempelajarinya lewat berbagai kelas ataupun secara autodidak.

 

5. Usaha Jasa Titip Barang (Jastip)

Apakah Anda pernah menitip suatu barang ke orang lain untuk mendapatkan produk yang benar-benar diminati, namun tidak tersedia di kota Anda? Ini merupakan contoh usaha jasa yang berupa jasa penitipan pembelian barang. Tentu saja Anda juga bisa memulai usaha ini bahkan dengan modal 0 rupiah.

Jenis usaha jasa yang satu ini cocok bagi Anda yang senang bepergian atau yang memiliki mobilitas yang fleksibel. Anda bisa memasarkan produk-produk khas dari daerah yang Anda kunjungi. Anda juga bisa menawarkan jasa titip untuk pembelian produk yang viral dan biasanya perlu usaha untuk mengantre panjang jika ingin mendapatkannya. Pasarnya dari mana? Mulailah dari teman dan kerabat Anda, kemudian perluas pasar lewat jaringan media sosial.

 

6. Usaha Jasa Fotografi

Memulai usaha jasa yang satu ini memang perlu modal yang cukup besar. Setidaknya, Anda harus memiliki satu kamera yang mumpuni untuk bisa menghasilkan foto dengan kualitas yang bagus. Jika sudah memilikinya, selanjutnya Anda hanya perlu mencari pasar yang sesuai dengan usaha jasa yang hendak Anda geluti ini.

Banyak sektor yang bisa dimasuki oleh jasa fotografi. Anda bisa membuka jasa foto pernikahan atau untuk acara-acara resmi. Yang lebih spesifik, Anda bisa membuka usaha jasa foto makanan atau produk dagangan. Nyatanya, usaha yang memerlukan keahlian fotografi ini dapat menghasilkan omzet yang luar biasa jika ditangani secara serius.

 

7. Usaha Jasa Penatu

Mencuci memang terdengar simpel, namun tidak semua orang memiliki waktu untuk melakukannya, khususnya di kota-kota besar layaknya Jakarta. Anda dapat menjadikan hal tersebut kesempatan untuk membuka jenis usaha jasa berupa binatu atau laundry.

Jangan berpikir harus memiliki dana besar untuk menyewa tempat terlebih dahulu untuk memulai bisnis yang satu ini. Anda dapat memulainya dari usaha rumahan dengan memakai mesin cuci yang Anda punya. Seiring bertambahnya permintaan, Anda dapat menambah mesin cuci yang sesuai spesifikasi. Selain penatu untuk pakaian, Anda juga bisa mengambil sektor yang lebih spesifik, yaitu usaha penatu khusus untuk sepatu.

 

8. Usaha Jasa Pijat Bayi

Pernah tidak membayangkan usaha yang profitnya dapat lebih dari 80 persen dari investasi yang Anda keluarkan? Tentunya sangat menyenangkan dan Anda bisa memperoleh hal tersebut jika menjalankan usaha jasa pijat bayi.

Kebutuhan pemijatan bayi saat ini sangat besar. Anda bisa memulai jenis usaha ini dari rumah. Yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti kelas pemijatan bayi agar usaha Anda tersertifikasi sehingga peminatnya lebih banyak karena merasa aman dan nyaman. Jika Anda memiliki cukup modal, lengkapi usaha jasa pijat bayi Anda dengan baby spa. Modalnya memang akan bertambah, tapi untungnya juga bisa melebar.

 

9. Usaha Jasa Servis Kendaraan

Jika Anda memiliki kemampuan menservis kendaraan, tidak ada salahnya membuka jenis usaha jasa berupa bengkel keliling. Usaha di sektor servis kendaraan ini pasti laku keras, mengingat kondisi mendesak, seperti mogok, bisa terjadi di mana saja dan belum tentu Anda tempat servis yang bisa disinggahi pada saat itu.

Pasar dari usaha jasa yang satu ini jelas besar, mengingat berdasarkan data Badan Pusat Statistik, jumlah kendaraan bermotor di Indonesia pada tahun 2020 telah mencapai 133 juta unit. Pastikan ketika memutuskan menjalankan usaha jasa servis kendaraan, Anda fokus pada salah satu jenis kendaraan bermotor, motor atau mobil. Ini karena alat-alat servis yang Anda butuhkan untuk melakukan servis di tiap jenis kendaraan bermotor bisa sangat berbeda.

 

10. Usaha Jasa Perawatan Hewan Peliharaan

Saat ini jumlah pecinta hewan peliharaan semakin banyak. Jadikan hal ini sebagai kesempatan untuk membuka usaha jasa perawatan hewan peliharaan. Modalnya memang cukup besar, namun untungnya tidak kalah menggiurkan.

Anda bisa membuka usaha jasa perawatan berupa grooming. Jika memang memiliki tempat dan tenaga kerja yang cukup, Anda pun bisa membuka tempat penitipan hewan. Jangan kaget jika pasarnya bisa sangat besar.

***

Membuka usaha sendiri artinya Anda tidak mendapatkan perlindungan kesehatan dari instansi. Padahal di sisi lain, seorang pengusaha akan sangat ketat terkait waktu dan tenaga sehingga risiko sakit juga besar. Memiliki asuransi kesehatan pribadi menjadi jalan terbaik untuk melindungi diri Anda dan juga keberlangsungan usaha jasa yang Anda geluti.

Mega Personal Accident dari PFI Mega Life dapat menjadi pilihan bijak terkait perlindungan kesehatan Anda sebagai seorang pengusaha. Asuransi ini dapat memberikan Anda perlindungan dari risiko kecelakaan diri & Covid 19. Dengan berbagai pilihan premi yang dimulai dari Rp 15 ribu, Anda dapat merasakan uang pertanggungan hingga maksimal Rp. 30 juta. Jadi, tunggu apa lagi? Lindungi diri Anda sekarang!

PT PFI Mega Life Insurance terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.