Finansial

10+ Tips Menarik untuk Bisnis Pemula

PFI Mega Life
 25 Mar 2021
Kesalahan yang sering ditemukan pada bisnis untuk pemula adalah produk yang tidak jelas serta kegiatan usaha yang tidak terorganisir.

Tips Menarik untuk Bisnis Pemula

Mendirikan bisnis atau usaha bisa membuat kehidupan Anda menjadi lebih stabil di masa depan jika usaha tersebut berjalan dengan baik. Tidak hanya itu, membangun usaha juga dapat membantu mengangkat perekonomian orang lain yang bekerja dengan Anda. Namun, mungkin Anda sekarang sedang bingung bagaimana cara mengelola bisnis untuk pemula agar bisa berjalan baik terus ke depannya?

Sebenarnya banyak cara yang dapat Anda lakukan agar usaha untuk pemula berjalan dengan baik. Hanya saja, Anda mungkin tidak terlalu memikirkan langkah-langkah tersebut karena terlalu banyak memikirkan pengembangan bisnis secara instan.

Mulai sekarang, ambillah nafas sejenak untuk berpikir ulang mengenai usaha Anda. Menjalankan beberapa tips bisnis untuk pemula ini dapat menolong Anda untuk membangun usaha yang berkelanjutan terus ke depannya.

 

1. Tentukan Ide Bisnis Sendiri

Tips Menarik untuk Bisnis Pemula

Bisnis untuk pemula sering gagal di tengah jalan karena cenderung hanya mengikuti bisnis-bisnis besar yang sudah ada. Coba temukan ide baru untuk bisnis Anda yang lebih orisinal.

Mengikuti bisnis lain boleh-boleh saja, namun Anda juga harus memiliki perbedaaan dan keunikan untuk menjadi daya tarik bisnis Anda. Tanpa ide bisnis yang orisinal dan tidak memiliki konsep, usaha Anda ke depannya akan bergerak seperti perahu tanpa tujuan.

 

2. Bidik Pasar Secara Fokus

Tips Menarik untuk Bisnis Pemula

Jangan serakah dengan mencoba merangkul semua segmen pasar. Sekilas membuat produk yang bisa diterima seluruh segmen pasar memang terlihat lebih menguntungkan karena potensi pembelinya lebih besar. Namun ingat juga, merangkul seluruh segmen pasar artinya Anda harus siap bersaing dengan produk serupa dari beragam usaha lain.

Cobalah mempersempit segmen pasar Anda. Bidik pasar yang Anda benar-benar kuasai. Dengan melakukan pembidikan yang lebih fokus, Anda dapat membuat produk yang lebih sesuai dengan kebutuhan pasar tersebut sehingga mereka lebih tertarik membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

 

3. Bangun Tim Solid

Tips Menarik untuk Bisnis Pemula

Anda mungkin sangat bersemangat tentang bisnis Anda. Namun, Anda tidak bisa mencapai kesuksesan dengan menjalankan semuanya sendiri. Anda perlu tim yang membantu penopang bisnis Anda agar bisa bergerak ke sasaran yang dituju.

Karena itu, bangunlah tim yang solid. Dalam bisnis untuk pemula, Anda tidak perlu tim yang besar karena hal tersebut hanya memperbesar anggaran. Anda bisa membangun tim kecil yang solid di mana tiap orang memahami dan menguasai betul fungsi dan tugas mereka, mulai dari bagian keuangan, pemasaran, sampai masalah legalitas.

 

4. Susun Secara Terorganisasi

Tips Menarik untuk Bisnis Pemula

Bisnis untuk pemula kadang-kadang mengabaikan pentingnya organisasi. Mungkin Anda menganggap semuanya akan berjalan baik ke depannya tanpa harus membuat batasan antara bidang pekerjaan yang satu dengan yang lain.

Singkirkan pikiran tersebut. Pikirkan bahwa usaha untuk pemula Anda akan semakin besar ke depan. Pada saat itu, jumlah karyawan dan kesibukannya Anda semakin melimpah. Jika dari awal tidak ada batasan pekerjaan dan pengaturan yang baik, usaha Anda bisa hancur dalam sekejap.

 

5. Lakukan Automasi

Tips Menarik untuk Bisnis Pemula

Ada banyak hal yang mesti selalu Anda pikirkan ketika menjalankan bisnis untuk pemula. Anda tidak hanya berpikir soal produk, namun juga berpikir tentang anggaran, penyimpanan, dan berbagai masalah lainnya.

Tim akan sangat membantu Anda melakukan semua yang dibutuhkan. Namun, membuat hal-hal yang memungkinkan diautomasi akan membuat pekerjaan Anda menjadi ringan. Anda bisa melakukan automasi terkait pembayaran ataupun hal lain.

 

6. Manfaatkan Teknologi

Tips Menarik untuk Bisnis Pemula

Salah satu kesulitan bisnis untuk pemula adalah menghadapi pemain lain yang lebih besar di sektor yang sama. Namun, jangan takut bersaing dengan mereka! Keunggulan dari usaha untuk pemula adalah keberadaan teknologi yang saat ini sudah mumpuni untuk mendukung bisnis Anda.

Pemain bisnis lama masih banyak yang lebih memilih cara konvensional dalam menjual jasa atau produknya. Sebagai pemain baru yang masih lebih kecil, carilah ceruk teknologi yang bisa menolong Anda untuk memperkenalkan produk dan jasa yang masih baru.

 

7. Lakukan Analisis Data

Tips Menarik untuk Bisnis Pemula

Ada dua analisis data yang sebaiknya dilakukan oleh bisnis untuk pemula. Pertama adalah menganalisis data internal untuk mengevaluasi kinerja. Kedua analisis data pasar untuk mengetahui ketertarikan dan kebutuhan pasar agar sesuai dengan jasa atau produk yang Anda buat.

Melakukan analisis data secara rutin dapat membuat Anda lebih bijak menentukan langkah bisnis ke depannya agar produk dan jasa selalu diterima pasar bidikan. Penilaian tentang kinerja tim pun dapat mendorong tiap orang yang membantu usaha Anda untuk bekerja lebih baik.

 

8. Perhatikan Anggaran

Tips Menarik untuk Bisnis Pemula

Anggaran yang salah bisa membuat usaha untuk pemula bangkrut seketika. Karena itu, penyusunan anggaran yang tepat perlu dilakukan agar bisnis Anda bisa terus aman ke depannya dari segi keuangan.

Penting meluangkan waktu untuk memeriksa pendapatan dan pengeluaran bisnis Anda secara rutin dan sesering mungkin. Dengan demikian, Anda bisa menemukan ada tidaknya masalah keuangan yang tidak tepat, seperti pengeluaran yang tidak perlu ataupun minimnya pendapatan karena kurangnya pemasaran.

 

9. Promosi Minim Budget

Tips Menarik untuk Bisnis Pemula

Promosi menjadi bagian terbesar yang memakan anggaran usaha Anda. Jangan terpaku melakukan promosi yang sama dengan pemain besar jika Anda tidak ingin keuangan usaha Anda menjadi buntung.

Cobalah mencari cara lain terkait promosi yang lebih hemat untuk kantong usaha baru Anda. Memanfaatkan media sosial atau menyasar pelanggan dengan promosi mulut ke mulut lebih ideal bagi usaha untuk pemula.

 

10. Perbanyak Kanal Penjualan

Tips Menarik untuk Bisnis Pemula

Semakin banyak kanal penjualan Anda, kesempatan untuk pelanggan datang akan semakin besar. Sebaliknya jika Anda hanya berfokus pada 1—2 kanal penjualan, bersiaplah menerima pendapatan yang kurang memuaskan.

Anda bisa memperbanyak kanal penjualan lewat tempat penjualan digital. Ini memungkinkan produk Anda lebih mudah ditemukan banyak orang di jangkauan yang lebih luas.

 

11. Asuransikan Bisnis

Tips Menarik untuk Bisnis Pemula

Bisnis Anda mungkin masih kecil saat ini. Namun, ingatlah bahwa Anda sejumlah uang yang tidak sedikit untuk membangun usaha tersebut. Kemungkinan uang-uang tersebut lenyap karena masalah penipuan ataupun bencana pun mengintai Anda.

Untuk meminimalkan risiko tersebut, Anda dapat mengasuransikan bisnis Anda. Alhasil ketika usaha Anda tiba-tiba menderita kerugian besar karena kasus penipuan yang tidak terduga, Anda memiliki penopang untuk membangun bisnis kembali dari ganti rugi pihak asuransi.

 

12. Cepat Tanggap dengan Pelanggan

Tips Menarik untuk Bisnis Pemula

Melayani pelanggan seperti raja adalah kunci tiap usaha, tidak terkecuali bagi bisnis untuk pemula. Pelayanan yang cepat tanggap sendiri menjadi modal besar untuk membuat pelanggan merasa dilayani seperti raja.

Jangan hanya menanggapi pelanggan ketika mereka melakukan transaksi pembelian. Tanggapi pula komentar mereka di surat elektronik ataupun media sosial guna bisa menggaet mereka untuk loyal terhadap usaha Anda.

 

13. Belajar dari Umpan Balik

Tips Menarik untuk Bisnis Pemula

Saat Anda mengembangkan bisnis, mendengarkan umpan balik dari basis pelanggan Anda sangat penting. Pasalnya, lewat umpan balik tersebut, Anda bisa belajar mengenai keinginan dan kebutuhan pelanggan.

Ingatlah bahwa umpan balik cenderung mengarah ke komentar negatif. Ambillah kritik positif dari komentar yang tidak menyenangkan tersebut untuk membuat usaha Anda menjadi lebih besar ke depannya.

 

14. Pertimbangkan Investor

Tips Menarik untuk Bisnis Pemula

Usaha Anda terlihat semakin berkembang dengan transaksi penjualan yang kian memuaskan? Kini waktunya Anda mengembangkan usaha! Anda mungkin ragu karena keuangan perusahaan masih belum mencukupi untuk pengembangan tersebut. Lantas, kenapa Anda tidak mempertimbangkan menarik investor?

Investor bisa menjadi aset yang bagus untuk bisnis Anda karena mereka memungkinkan Anda mengumpulkan lebih banyak dana daripada yang bisa Anda dapatkan melalui pinjaman. Mereka dapat membantu Anda meningkatkan skala bisnis atau mempertahankannya selama masa sulit. Tentu saja Anda harus teliti memilih investor agar pilihan Anda berbuah baik untuk bisnis.

 

15. Siap dengan Perubahan

Tips Menarik untuk Bisnis Pemula

Bisnis itu fleksibel. Hal yang sering luput dari bisnis untuk pemula adalah Anda terlalu pakem dengan satu lini bisnis dan tidak mau melirik lini yang lain. Padahal, kesempatan untuk berkembang di lini tersebut bisa lebih besar.

Penting menyiapkan mental untuk tidak kaget dengan perubahan dalam berbisnis. Contoh perubahan lini hanyalah satu contoh yang mungkin terjadi. Anda juga harus bersiap dengan perubahan tim, perubahan peraturan, sampai perubahan teknologi yang dapat memengaruhi usaha Anda.

Semua tips bisnis untuk pemula akan menjadi sia-sia jika Anda tidak memiliki perlindungan terhadap diri Anda dari risiko penyakit yang bisa mengganggu kondisi finansial Anda di masa depan.

PFI Mega Life bekerja sama dengan Grab Financial Group (GFG) meluncurkan produk asuransi penyakit kritis bernama Sobat Proteksi. Lengkapi perlindungan yang sudah ada seperti BPJS dengan Sobat Proteksi yang akan memberikan manfaat untuk melindungi Anda dari risiko penyakit kritis. Produk perlindungan ini bisa diakses dan dibeli dengan mudah melalui aplikasi Grab.

Selain itu, butuh keyakinan untuk membangun dan mengembangkan bisnis Anda. Percayalah bahwa bisnis Anda akan berkembang ke depannya. Untuk itulah, persiapan dan perubahan yang terus membaik perlu dilakukan konsisten. Selamat berwirausaha!

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.