Finansial

Asuransi Vs Tabungan, Cermat Merencanakan Dana Pendidikan Anak

PFI Mega Life
 18 Nov 2020
Asuransi pendidikan dan tabungan berjangka khusus pendidikan memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Cari tahu yang pas untuk kebutuhan keluarga Anda.

Asuransi Vs Tabungan, Cermat Merencanakan Dana Pendidikan Anak

Biaya pendidikan menjadi salah satu pengeluaran yang cukup membuat pusing dalam keluarga. Bagaimana tidak, biaya pendidikan selalu mengalami kenaikan yang cukup signifikan sekitar 15—20 persen tiap tahun. Mempersiapkan tabungan pendidikan anak pun menjadi pilihan yang tak bisa dihindari apabila Anda ingin tetap memiliki jaminan kepastian kualitas pendidikan buah hati di masa mendatang.

Banyak orang tua akhirnya mulai membuat tabungan anak sedari sang buah hati lahir ke dunia untuk mempersiapkan biaya pendidikannya. Namun, banyak orang tua pula yang akhirnya kerepotan mengelola tabungan tersebut sehingga tujuan utamanya untuk menjamin pendidikan anak menjadi sulit tercapai.

Sebenarnya dalam mempersiapkan tabungan pendidikan anak, ada dua opsi yang dapat Anda pertimbangan. Tidak hanya menabung secara rutin di bank lewat rekening biasa atau rekening khusus pendidikan. Anda juga dapat mempertimbangkan asuransi sebagai pilihan penjamin dana pendidikan buah hati.

 

Mengenal Tabungan dan Asuransi Pendidikan

Saat ini, sudah banyak penyedia jasa keuangan yang menyediakan fitur tabungan pendidikan anak. Bank pun tidak ketinggalan menyediakan produk tabungan anak yang memang dikhususkan untuk pendidikan.  

Secara sederhana, tabungan pendidikan merupakan bagian dari tabungan berjangka yang memiliki bunga lebih tinggi dibandingkan produk tabungan biasa. Rata-rata tabungan pendidikan anak yang merupakan produk perbankan ini memiliki jangka waktu minimal 2 tahun.

Produk tabungan pendidikan umumnya memiliki tingkat bunga 3—6 persen tiap tahun. Di mana tingkat bunga tersebut sudah pasti dan disepakati sejak awal. Dikarenakan sifatnya yang berjangka, Anda memang tidak bisa mengambil dana yang tersimpan sewaktu-waktu.

Sebaiknya ada jeda waktu pengambilan yang mana Anda akan memperoleh penalti apabila pengambilan dilakukan secara mendadak dan melanggar kesepakatan awal. Penalti biasanya berupa pengurangan atau potongan nilai tabungan.

Lain lagi dengan asuransi pendidikan. Secara umum, asuransi pendidikan tidak ubahnya seperti asuransi biasa. Anda mesti membayar biaya premi sebagai biaya proteksi untuk bisa memperoleh manfaat dari asuransi pendidikan. Nilai premi yang ditetapkan sendiri bergantung dengan nilai proteksi yang Anda kehendaki ke depannya.

Seperti asuransi pada umumnya, asuransi pendidikan juga memiliki jangka waktu khusus untuk Anda guna bisa memperoleh manfaatnya. Namun, jangka waktu tersebut tidak bersifat mutlak. Anda bisa menegosiasikannya di awal pembelian produk asuransi ini. Nilai manfaat yang bisa diperoleh pun bisa jadi hilang apabila tidak menyepakati waktu kesepakatan awal.

Khusus untuk asuransi pendidikan, rata-rata jenis asuransi ini berkonsep dasar asuransi jiwa, seperti produk Mega Investa Link dari asuransi PFI Mega Life. Anda sendiri yang akan menjadi pemegang polis untuk asuransi tersebut. Anak menjadi ahli waris yang akan memperoleh manfaat pertanggungan apabila Anda meninggal dunia. Dengan konsep ini, masalah pendidikan anak Anda akan tetap terjamin sekalipun Anda sudah berpulang dan tidak mampu membiayainya lagi.

 

Kelebihan Tabungan Pendidikan

Asuransi Vs Tabungan, Cermat Merencanakan Dana Pendidikan Anak

Dari segi bunga, tabungan pendidikan anak yang merupakan produk perbankan memang belum mampu mengimbangi laju inflasi pendidikan di Indonesia yang mencapai 15—20 persen tiap tahun. Mengharapkan dana pendidikan anak terpenuhi hanya dari tabungan pendidikan pun menjadi tidak terlalu disarankan. Meski demikian, jenis produk keuangan yang satu ini memiliki keunggulan tersendiri dalam mempersiapkan tabungan anak Anda. Berikut adalah beberapa kelebihan dari tabungan pendidikan.

1.  Lebih Aman

Beragam produk tabungan pendidikan anak yang dijual perbankan merupakan produk yang terjamin keamanannya. Dikarenakan merupakan fitur bank, tabungan berjangka tersebut dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Anda tidak perlu khawatir dana Anda hilang mendadak ataupun adanya risiko bank pailit. Dengan jaminan LPS, dana yang sudah Anda setor ke bank dijamin pengembaliannya hingga batas nilai tertentu.

2.  Lebih Terkalkulasi

Apabila Anda termasuk orang yang tidak menyukai ketidakpastian, tabungan pendidikan merupakan pilihan tepat. Sejak awal Anda sudah bisa mengalkulasi nilai tabungan di masa mendatang dengan mempertimbangkan tingkat bunga bank ketika pertama kali menabung.

3.  Lebih Disiplin

Anda tidak perlu khawatir lupa melakukan setoran untuk tabungan pendidikan yang Anda pilih. Pasalnya, hampir tiap produk tabungan pendidikan saat ini sudah menerapkan sistem autodebet. Dana dari rekening tabungan Anda otomatis akan langsung tertarik ke rekening tabungan pendidikan anak tiap tanggal tertentu yang telah disepakati. Sistem ini membuat Anda menjadi lebih disiplin dalam menabung.

4.  Pengambilan Mendadak

Anda memang tidak bisa mengambil langsung dana yang ada di rekening tabungan pendidikan secara amat mendadak seperti mengambil uang di ATM. Namun, Anda tetap bisa mengambil sebagian bahkan seluruh dana jika sewaktu-waktu diperlukan di luar waktu kesepakatan.

Proses pengambilan dana di tabungan pendidikan umumnya membutuhkan waktu 5 hari kerja. Anda juga akan dikenai potongan nilai tabungan, meskipun nilainya tidak terlalu besar.

 

Keuntungan Asuransi Pendidikan

Asuransi Vs Tabungan, Cermat Merencanakan Dana Pendidikan Anak

Ketika memilih produk asuransi sebagai dana pendidikan, Anda pun akan lebih sulit mengalkulasikan nilai manfaat di akhir karena adanya pengalihan dana ke produk investasi lainnya oleh penyedia jasa. Namun, di luar itu semua, nyatanya banyak keuntungan yang bisa Anda dapat ketika memilih asuransi pendidikan sebagai tabungan anak.

1.  Bunga Tinggi

Asuransi pendidikan umumnya menjanjikan bunga yang lebih tinggi dibandingkan tabungan pendidikan biasa. Bunga yang tinggi dapat dijanjikan karena dana yang Anda setorkan diputar kembali oleh penyedia jasa dalam berbagai ragam produk investasi. Bunga untuk asuransi pendidikan dapat berada di kisaran 15—23 persen. Besaran tersebut setara bahkan bisa melebihi tingkat inflasi pendidikan di Indonesia.

2.  Manfaat Lain

Ketika memutuskan membeli produk asuransi pendidikan, Anda tidak hanya menikmati bunga tinggi di akhir. Manfaat lain seperti pertanggungan kesehatan apabila Anda atau anak Anda yang menjadi tertanggung sakit juga disediakan beberapa pihak penyedia jenis asuransi ini.

3.  Risiko Kematian

Anda mungkin membayangkan bagaimana jika sebelum masa membayar premi berakhir, Anda sudah terlebih dahulu mengembuskan napas terakhir. Jangan khawatir, umumnya asuransi pendidikan juga berkonsep asuransi jiwa. Ketika Anda meninggal dunia, anak tidak hanya bisa tetap menikmati hasil manfaat asuransi yang sesuai kesepakatan awal. Anak juga akan mendapat santunan kematian yang telah disepakati dalam perjanjian awal.

Asuransi pendidikan maupun tabungan pendidikan anak saling melengkapi. Memiliki kedua jenis produk keuangan ini sebagai jaminan tabungan anak untuk masa mendatang pun menjadi pilihan yang sangat bijak.

Selain menyiapkan dana pendidikan anak, Anda sebaiknya juga tidak lupa memproteksi diri dengan membeli asuransi kesehatan. Adanya asuransi kesehatan bisa memastikan dana untuk kebutuhan anak dan keluarga tidak akan tergerus apabila sekali waktu Anda jatuh sakit.

Mega Saving Protection dari PFI Mega Life dapat menjadi pilihan terpercaya untuk kebutuhan tersebut. Ini adalah produk asuransi jiwa tradisional dwiguna yang memberikan perlindungan asuransi terhadap risiko meninggal dunia karena kecelakaan dan bukan kecelakaan. Lindungi masa depan buah hati dengan mempersiapkan pendidikannya sejak dini dengan asuransi PFI Mega Life.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.