Finansial

Strategi Perencanaan Keuangan untuk Membebaskan Diri dari Hutang

PFI Megalife
 18 Sep 2018
Hutang dengan bunga adalah hal yang bisa membebani pertumbuhan finansial Anda. Terapkan 6 strategi agar Anda bisa segera melunasi hutang dan menumbuhkan kekayaan

Dalam perencanaan finansial, berhutang tidak selalu berarti buruk. Jika dimanfaatkan dengan tepat, berhutang bisa membantu Anda mencoba beberapa peluang yang bisa meningkatkan status ekonomi Anda menjadi lebih baik. Tentu saja Anda harus menyadari risikonya dan memiliki strategi perencanaan keuangan guna melunasi hutang tersebut nantinya.

Apalagi jika Anda memiliki cukup banyak tanggungan yang harus dilunasi seperti hutang pribadi, cicilan kendaraan, dan cicilan rumah. Mencicil tiga hal itu setiap bulan tentu bukan hal yang mudah jika kondisi finansial Anda belum stabil.

Strategi Perencanaan Keuangan dan Terbebad dari Hutang

Strategi dan rencana keuangan adalah kunci agar Anda bisa terbebas dari hutang yang membebani dan mulai menumbuhkan kekayaan Anda. Untuk itu, mari simak 5 strategi melunasi hutang yang perlu Anda terapkan:

1. Perketat Anggaran yang Sudah Anda Buat

Jika Anda merasa nilai hutang yang Anda tanggung sudah mulai memberatkan, itu artinya harus ada penyesuaian anggaran pada kehidupan Anda. Jadikan cicilan melunasi hutang sebagai prioritas, baru alokasikan sisanya untuk keperluan sehari-hari dan juga tabungan.

Kontrol diri Anda agar tidak melakukan pembelian impulsif atau terjebak pada kegiatan yang  kurang produktif. Tanpa adanya komitmen dan kontrol diri, bisa jadi hutang Anda akan semakin bertumpuk dan memberatkan.

2. Prioritaskan Hutang dengan Bunga yang Tinggi

Jika Anda memang menanggung beberapa hutang yang butuh dilunasi, prioritaskan untuk segera melunasi hutang dengan bunga yang paling tinggi terlebih dahulu. Hutang ini adalah tanggungan terberat Anda. Semakin lama Anda menunda, nilai yang harus Anda bayarkan akan semakin banyak.

Alternatif lain, Anda juga bisa memprioritaskan hutang dengan jumlah yang paling kecil. Hutang jenis ini bisa dianggap sebagai hutang yang paling mudah untuk dilunasi. Berhasil melunasinya akan mengurangi salah satu beban pikiran dan bisa menjadi motivasi tambahan dalam menghadapi proses pelunasan hutang lainnya.

3. Hindari Penggunaan Kartu Kredit

Kartu kredit memang menawarkan kemudahan pembayaran yang memungkinkan Anda membeli sesuatu di luar anggaran bulanan. Meskipun begitu ia bukanlah kartu ajaib, pada akhirnya kartu kredit justru akan menambah jumlah tagihan setiap bulan. Itulah sebabnya sebaiknya hindari penggunaannya selama Anda masih memiliki beberapa tanggungan hutang yang belum terselesaikan.

Mudahnya penggunaan kartu kredit memang bisa membuat Anda tanpa sadar membeli berbagai hal di luar anggaran. Beberapa penasehat keuangan menyarankan Anda sementara hanya menggunakan uang tunai saja, karena akan lebih mudah dikontrol dan dibatasi.

4. Cari Peluang Passive Income

Agar Anda bisa segera melunasi hutang, tidak hanya dengan memperketat anggaran, Anda juga butuh untuk menjadi pribadi yang lebih produktif. Artinya, Anda mulai mencari kesibukan yang bisa menghasilkan pendapatan ekstra di luar gaji bulanan Anda.

Salah satunya adalah mencoba memaksimalkan peluang passive income. Anda bisa mulai membuat kursus online, menulis buku, atau menyewakan barang atau properti Anda. Dengan kemajuan teknologi saat ini, ada begitu banyak peluang yang bisa Anda maksimalkan untuk meningkatkan kekuatan finansial Anda.

5. Hentikan Dulu Investasi

Nasehat ini mungkin terdengar mengherankan untuk Anda. Investasi identik dengan keuntungan finansial yang akan sangat membantu, kenapa justru harus berhenti?

Tentu saja karena saat ini prioritas Anda adalah segera melunasi hutang-hutang Anda yang semakin hari akan semakin memberatkan. Hutang Anda akan sulit terlunasi jika mayoritas uang Anda dialokasikan untuk berinvestasi. Nanti setelah Anda melunasi mayoritas hutang Anda dan beban finansial Anda sudah jauh lebih ringan, baru Anda bisa mulai berinvestasi kembali. Hutang memang bisa menguntungkan, itu sebabnya ada beberapa orang yang akhirnya berhutang dengan kurang cermat dan akhirnya harus menanggung beban finansial yang cukup besar.

Jika jumlahnya sudah terlanjur besar, hutang memang sering kali mustahil untuk dilunasi dalam waktu singkat. Maka dari itu, tidak perlu terburu-buru yang justru bisa berujung pada keputusan ceroboh yang semakin merugikan. Tenangkan diri Anda dan terapkan 5 strategi melunasi hutang di atas. Selama Anda memiliki komitmen untuk menjalankannya, seiring waktu satu per satu hutang Anda akan terpenuhi dan Anda bisa mulai menguatkan keadaan finansial Anda.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.