Finansial

Mengapa Anda Harus Segera Membuat Rencana Keuangan?

PFI Megalife
 19 Sep 2018
Rencana keuangan adalah kunci mengembangkan kesuksesan yang sering dipandang sebelah mata. Sadari risiko mengabaikan rencana keuangan lewat ulasan ini.

bisnis muda

Rencana keuangan sering kali dianggap hal yang terlalu rumit dan merepotkan. Itu sebabnya, banyak kalangan yang memilih untuk menunda atau menghindar ketika diingatkan terkait pentingnya memiliki rencana keuangan untuk jangka panjang. Mereka merasa bahwa keadaan finansial mereka akan selalu baik-baik saja selama mereka masih memiliki pekerjaan. Hal itu tentunya bukan langkah bijak untuk Anda tiru. Kestabilan finansial adalah hal yang vital dalam hidup seseorang. Menyepelekan dan enggan merencanakannya dengan serius bisa berakibat fatal bagi masa depan Anda.

Alasan Membuat Rencana Keuangan

Agar Anda tidak terlambat menyadari pentingnya memiliki rencana keuangan, mari perhatikan 4 unsur berikut:

1. Laju Inflasi Setiap Tahun

Menurut informasi Badan Pusat Statistik Indonesia, rata-rata laju inflasi yang terjadi di sepanjang tahun 2017 ada di angka 3,61%. Meskipun dampak langsungnya memang tidak terlalu terasa, namun adanya inflasi tetap akan  mempengaruhi daya beli Anda jika Anda. Karena itu, hal ini tidak bisa Anda anggap remeh.

Untuk itu, memiliki rencana keuangan sejak awal adalah langkah bijak agar Anda bisa terus memastikan bahwa karier dan pendapatan Anda bisa terus tumbuh di atas laju inflasi. Dengan begitu, kondisi finansial Anda bisa semakin sejahtera dan tidak tergerus oleh dampak inflasi.

2. Meningkatnya Biaya Hidup

gaya hidup

Hal berikutnya yang perlu Anda pertimbangkan agar segera membuat rencana keuangan adalah biaya hidup yang terus naik dari tahun ke tahun. Biaya tersebut mencakup biaya akomodasi, konsumsi, transportasi, hingga berbagai hal tersier.

Anda tentu ingin memiliki kemampuan finansial yang bisa senantiasa memenuhi gaya hidup Anda, bahkan ketika Anda nanti sudah mulai berkeluarga sekalipun. Tanpa membuat rencana keuangan, bukannya tumbuh, Anda malah akan terjebak dalam gaya hidup yang tidak produktif dan penuh dengan pengeluaran yang tidak terkontrol. Dampaknya, aset Anda bisa-bisa tidak bertambah karena seluruh uang Anda akan habis hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

3. Kenaikan Biaya Pendidikan Anak

Pendidikan adalah investasi paling berharga yang bisa Anda berikan sebagai orang tua kepada anak Anda. Tidak hanya ilmu, fasilitas pendidikan yang mumpuni juga akan membentuk karakter, relasi, hingga pola pikir anak Anda secara positif.

Fasilitas pendidikan terbaik tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi, beberapa sumber menyatakan bahwa biaya pendidikan di Indonesia naik 15% setiap tahunnya. Angka tersebut tentu menjadi tantangan yang perlu jawab. Anda harus mampu mencari cara cermat agar jumlah pemasukan Anda bisa tumbuh di atas angka tersebut, supaya Anda bisa memastikan bahwa Anda mampu membiayai pendidikan anak Anda di sekolah terbaik.

Hal tersebut tidak akan menjadi masalah berarti apabila Anda sudah mengantisipasinya dengan membuat rencana keuangan sejak jauh-jauh hari. Jangan sampai Anda baru kelimpungan mencari tambahan uang ketika waktu pendaftaran sekolah anak sudah dekat.

4. Memberi Waktu agar Investasi Anda Tumbuh

investasi finansial

Inflasi dan kenaikan biaya pendidikan yang tinggi tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Anda agar bisa memastikan bahwa kondisi finansial Anda bisa semakin mapan dari waktu ke waktu. Selain mengandalkan pendapatan dari pekerjaan tetap, akan semakin bijak jika Anda melibatkan investasi dalam rencana keuangan jangka panjang Anda.

Tentu saja tidak semua investasi bisa memberikan manfaat instan dalam waktu beberapa bulan saja. Ada jenis investasi yang memang membutuhkan waktu tahunan agar bisa memberikan keuntungan dengan jumlah yang besar.

Untuk itu, Anda perlu segera membuat rencana keuangan sedini mungkin agar Anda dapat menyiapkan investasi untuk jangka panjang. Dengan memiliki investasi untuk jangka panjang, Anda sudah memastikan keamanan finansial bagi Anda dan keluarga di masa depan.



Kunci dari mengembangkan kesuksesan adalah dengan memahami keadaan finansial Anda sendiri, membuat rencana keuangan jangka panjang, lalu memaksimalkannya dengan berinvestasi dengan cermat.

Tanpa adanya rencana keunangan, pendapatan dan pengeluaran Anda akan tidak terkontrol. Arah perkembangan kemampuan finansial Anda pun juga akan sulit terbaca; apakah akan tumbuh atau hanya jalan di tempat. Dengan berani berkomitmen pada sebuah rencana keuangan, Anda akan terhindar dari gaya hidup yang tidak produktif, sehingga masa depan Anda serta keluarga akan jauh lebih terjamin.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.