Finansial

10+ Manfaat Menabung untuk Sekarang dan Masa Depan

PFI Mega Life
 22 Feb 2021
Menabung dan investasi merupakan dua hal berbeda, walapun sepintas sama-sama mengumpulkan uang sedikit demi sedikit hingga lama-lama menjadi bukit.

10+ Manfaat Menabung untuk Sekarang dan Masa Depan

Mengenai produk investasi yang dijadikan pilihan untuk menabung, banyak pro kontra soal pengertiannya. Ini karena sejatinya menabung dan melakukan investasi merupakan dua hal yang berbeda, walapun sepintas caranya sama; yakni dengan mengumpulkan uang sedikit demi sedikit hingga lama-lama menjadi bukit.

 

Menabung Versus Investasi

Baik menabung maupun investasi sebenarnya bisa menghadirkan manfaat menabung yang hampir sama. Hanya saja, menabung lebih memberikan dampak untuk jangka pendek. Jika Anda memilih berinvestasi, semakin panjang jangka waktunya, semakin terasa manfaatnya.

Dari definisinya sendiri, ada perbedaan jelas mengenai pengertian menabung dengan melakukan investasi. Menabung hanyalah aktivitas menyisihkan sebagian uang dari pendapatan.

Melakukan investasi artinya menaruh sebagian dana ke suatu produk yang diharapkan dapat memiliki pengembangan nilai ke depannya. Dikarenakan pengertian ini pula, terdapat berbagai perbedaan antara menabung dan investasi yang sangat krusial, bukan dari segi manfaat menabung saja.

1.  Fleksibilitas

Kegiatan menabung tidak akan membuat Anda khawatir mengenai proses pengambilan dana apabila tiba-tiba membutuhkannya. Kegiatan menabung sangat fleksibel, Anda bisa menyisihkan uang kapan saja dan dapat mengambilnya kapan saja tanpa terikat waktu.

Beberapa produk investasi sebenarnya juga memiliki fleksibilitas serupa. Hanya saja, banyak juga produk investasi yang memakai keterikatan. Artinya, Anda diharuskan menaruh dana sedemikian rupa untuk jangka waktu tertentu. Pengambilannya pun harus disesuaikan dengan kesepakatan yang telah ditetapkan. Contoh dari produk investasi yang kadar fleksibilitasnya kurang, antara lain deposito, obligasi, dan asuransi.

2.  Imbal Hasil

Menabung bisa dilakukan dengan menyimpan uang di celengan ataupun menaruhnya di bank. Manfaat menabung akan lebih terasa apabila Anda menaruhnya di bank sebab ada potensi memperoleh imbal hasil atau bunga.

Meskipun demikian, imbal hasil dari manfaat menabung di bank relatif lebih kecil dibandingkan Anda melakukan investasi. Beragam jenis produk investasi umumnya menawarkan imbal hasil yang berkali-kali lipat lebih tinggi dibandingkan imbal hasil tabungan biasa di bank.

3.  Tingkat Risiko

Tingkat risiko dari menabung dan investasi juga berbeda. Perbedaannya berkebalikan dari imbal hasil dari kedua kegiatan menyisihkan dana ini.

Tingkat risiko menabung umumnya lebih kecil. Ketika berinvestasi, Anda mesti bersiap menghadapi tingkat risiko yang lebih besar terkait penurunan nilai dana, ataupun risiko kehilangan uang yang sudah disetorkan ke produk investasi tersebut.

Hanya ada dua pilihan dalam menabung, yaitu menabung di rumah atau mempercayakan uang yang sudah Anda sisihkan ke dalam rekening perbankan. Lain halnya ketika Anda melakukan investasi. Banyak produk investasi yang dapat Anda pilih.

Apabila ingin investasi yang memiliki fleksibilitas cukup tinggi dengan tingkat risiko yang lebih terukur, Anda bisa memilih emas ataupun reksa dana. Jika berani berisiko tinggi karena ingin mengambil keuntungan lebih besar, Anda dapat menggelontorkan dana ke instrumen saham.

Jika ingin keuntungan yang besar, tetapi tidak ingin bertaruh pada risiko tinggi, Anda sebaiknya mengikuti kepesertaan asuransi berjenis unitlink.

 

Manfaat Menabung Jangka Pendek

10+ Manfaat Menabung untuk Sekarang dan Masa Depan

Jangan berpikir manfaat menabung hanya terkait pengembangan dana, baik itu menabung konvensional maupun dengan model investasi. Nyatanya dalam jangka pendek, berbagai manfaat menabung ini dapat Anda peroleh.

1.  Terampil Mengelola Uang

Menabung memberikan kesempatan untuk lebih terampil dalam mengelola uang yang Anda punya. Seberapa pun terbatasnya pendapatan Anda, jika rutin menabung, akan bisa menyisihkan sebagian uang agar tidak dihabiskan untuk berbagai keperluan dan keinginan.

2.  Lebih Disiplin

Pernah tidak berpikir bahwa menabung bisa memberikan dampak positif bagi kepribadian Anda? Nyatanya, Anda bisa menjadi pribadi yang lebih disiplin apabila rutin menabung. Ini karena Anda dipaksa untuk berkomitmen menyisihkan sebagian dana dari pendapatan untuk tidak digunakan sebagai keperluan sehari-hari.

3.  Belajar Hemat

Makin terbatasnya pendapatan yang dimiliki karena disishkan untuk menabung kenyataannya dapat membuat Anda belajar hemat. Anda akan lebih mengerti mana yang keinginan dan kebutuhan. Anda bisa membuat skala prioritas untuk mendahulukan biaya kebutuhan dan mengesampingkan dana yang mesti dikucurkan untuk keinginan. Anda pun dapat menjadi lebih hemat.

4.  Miliki Dana Cadangan

Tidak ada yang mengetahui masa depan. Manfaat menabung adalah membuat Anda bisa melakukan antisipasi terkait masalah finansial di masa depan dalam jangka pendek. Dengan menabung, Anda akan memiliki dana cadangan yang bisa digunakan apabila ada keperluan mendadak yang tidak terduga.

5.  Mencegah Berutang

Manfaat menabung yang tidak kalah pentingnya adalah menghindarkan Anda dari utang. Ini berhubungan dengan manfaat menabung yang menyediakan dana cadangan. Dengan dana cadangan yang dimiliki, Anda pun tidak perlu meminjam uang apabila mesti memenuhi suatu kebuhan yang tidak terduga.

6.  Menjaga Aset

Jika memiliki tabungan, Anda pun tidak perlu menjual ataupun menggadaikan kepemilikan barang hanya untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terduga. Anda bisa menggunakan uang tabungan untuk menambal biaya kebutuhan tersebut. Aset Anda pun akan lebih aman dan likuiditas keangan lebih terjaga.

 

Manfaat Menabung Jangka Panjang

10+ Manfaat Menabung untuk Sekarang dan Masa Depan

Anda baru bisa merasakan manfaat menabung jangka panjang apabila memasukkan uang yang disisihkan ke produk-produk investasinya. Jika hanya menaruh dana di produk tabungan konvensional, Anda justru akan merasa rugi dalam jangka panjang.

Berikut beberapa manfaat menabung jangka panjang jika Anda menempatkannya ke instrumen investasi yang tepat:

1.  Terhindar dari Inflasi

Inflasi atau kenaikan harga barang atau jasa akan membuat nilai uang yang bisa Anda gunakan berkurang dari waktu ke waktu. Menabung uang ke produk investasi akan membuat Anda terhindari dari risiko paparan inflasi sebab umumnya imbal hasil yang didapatkan dari investasi lebih tinggi dari rata-rata tingkat inflasi tahunan.

2.  Pengembangan Nilai Uang

Anda tentu tidak akan menolak apabila uang Rp 1 juta yang dimasukkan ke produk investais nilainya menjadi Rp 2-3 juta dalam beberapa tahun mendatang, bukan? Inilah manfaat menabung ke produk investasi. Ada kemungkinan pengembangan nilai uang yang menguntungkan bagi Anda tentunya.

3.  Pendapatan Pasif

Tabungan yang sudah diinvestasikan nyatanya bisa menjadi salah satu sumber pendapatan Anda pada masa depan dalam jangka panjang. Bayangkan, Anda tidak perlu bekerja keras untuk bisa memperoleh pendapatan lebih. Ini karena ada pendapatan pasif yang dihasilkan dari peningkatan nilai uang dari investasi yang Anda lakukan.

4.  Mencapai Tujuan Keuangan

Anda bisa memasukkan uang ke produk investasi yang sesuai dengan tujuan keuangan. Apabila Anda ingin tidak memikirkan biaya kesehatan di masa mendatang, produk asuransi kesehatan yang disertai unitlink bisa menjadi pilihan.

Jika ingin mempersiapkan dana pendidikan anak, Anda bisa melakukan investasi yang lebih agresif, seperti saham yang dibarengi dengan emas ataupun reksadana. Bahkan, jika ingin menyiapkan uang untuk berlibur, Anda bisa memilih produk investasi berbentuk deposito ataupun obligasi.

5.  Merdeka Keuangan

Financial freedom atau merdeka secara keuangan dapat diartikan sebagai kondisi ketika dapat memenuhi segala kebutuhan Anda, tanpa harus bekerja lagi. Ini karena pengembangan dana dari investasi sudah bisa membayar segala kebutuhan Anda.

Anda pasti ingin agar manfaat menabung juga dirasakan keluargatersayang. Namun, pernahkah Anda berpikir ketika proses menabung atau investasi baru di tengah jalan dan manfaatnya belum terasa, tiba-tiba harus meninggalkan orang-orang tersayang?

Dikarenakan alasan inilah, produk asuransi jiwa menjadi sangat penting. Asuransi jiwa dapat menjadi produk investasi yang memberi jaminan bagi keluarga untuk menikmati hidup tetap layak, meskipun tanpa Anda di samping mereka.

PFI Mega Life memiliki produk Mega Saving Protection yang cocok untuk keinginan memberi jaminan bagi keluarga kapan pun hal buruk terjadi kepada Anda. Risiko kehilangan dana dari kegiatan asuransi ini pun sangat kecil. Konsep dwiguna pada Mega Saving Protection membuat Anda bisa memperoleh kembali dana premi apabila risiko kematian tidak terjadi selama periode asuransi berlangsung.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.