Finansial

8 Keuntungan Mahasiswa yang Kuliah di Jakarta

PFI Mega Life
 24 Jul 2020
Berkuliah di Jakarta tidak hanya menawarkan pilihan kampus yang bagus, melainkan beragam akses pendukung yang menguntungkan.

8 Keuntungan Mahasiswa yang Kuliah di Jakarta

Memasuki tahun ajaran baru, pemilihan sekolah menjadi pembicaraan hangat entah di kalangan pelajar sampai kepada orangtuanya. Bagi yang hendak menjejakkan kaki ke bangku kuliah, saat-saat ini pun menjadi momen menyenangkan sekaligus memusingkan untuk memilih tempat kuliah. Jika Anda termasuk dalam momen-momen ini, cobalah mempertimbangkan untuk kuliah di Jakarta.

Dengan kuliah di Jakarta, tentunya ada banyak keuntungan yang menanti. Sebagai ibu kota dan pusat pertumbuhan ekonomi negara, Jakarta menawarkan banyak kesempatan yang mungkin tidak bisa dirasakan mahasiswa yang berkuliah di kota lain di Indonesia.

Berikut beberapa keuntungan bagi para mahasiswa yang memutuskan kuliah di Jakarta. Dengan berbagai keuntungan di bawah ini, Anda yang sedang bimbang akan segera mendapatkan pencerahan untuk memutuskan tempat berkuliah. Tentunya berkuliah di Jakarta akan menjadi pilihan yang kuat dengan berbagai pertimbangan yang menguntungkan ini.

1.  Banyak Pilihan Kampus dan Jurusan

Hampir semua jurusan yang Anda inginkan bisa dijumpai di kampus-kampus universitas di Jakarta. Beragamnya pilihan jurusan yang ada di Jakarta tak lepas dari banyaknya jumlah kampus yang ada di Ibu Kota. Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), total jumlah perguruan tinggi di Jakarta pada 2015 saja mencapai 320 kampus.

Dengan jumlah kampus yang banyak ini pula, kesempatan untuk masuk di jurusan yang diincar akan semakin tinggi. Bangku-bangku untuk mahasiswa akan lebih banyak dibandingkan daerah lain yang memiliki kampus lebih sedikit daripada Jakarta.

2.  Fasilitas Lengkap

Kampus yang ada di Jakarta juga mau tidak mau bersaing dalam menarik minat para calon mahasiswa. Selain menaikkan mutu pengajaran, universitas di Jakarta tertantang untuk memperbanyak fasilitas agar jumlah mahasiswa yang masuk ke lembaga pendidikan mereka bisa mencapai target.

Dengan kuliah di Jakarta, artinya Anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas lengkap yang ada di kampus Ibu Kota. Tak jarang, Anda bisa menikmati berbagai fasilitas berteknologi tinggi yang akan membuat proses belajar Anda di kampus akan semakin mudah dan menyenangkan.

3.  Diajari Dosen Ternama

Ketika Anda berkuliah di Jakarta, Anda bisa berkesempatan bertemu banyak orang besar yang tadinya hanya bisa Anda lihat di layar kaca. Bukan tidak mungkin jika nyatanya orang-orang yang sering terpampang di layar televisi tersebut bisa jadi adalah dosen di kampus Anda.

Tentu menyenangkan bisa diajari langsung oleh dosen yang sudah ternama dan sering tampil di berbagai seminar atau acara televisi terkait edukasi. Tentunya ilmu-ilmu dari mereka akan lebih mengena sebab rata-rata lebih selaras dengan kehidupan sehari-hari. Yang jelas, Anda mendapatkan kesempatan yang baik bisa diajar oleh dosen yang sudah melanglang buana ke berbagai seminar maupun stasiun televisi untuk menjelaskan berbagai pemikiran mereka terkait permasalahan riil yang terjadi.

4.  Kesempatan Kerja Terbuka Lebar

Sebagai pusat perputaran roda ekonomi, Jakarta menawarkan banyak pilihan perusahaan yang bisa dijadikan incaran untuk bekerja para mahasiswa selepas menyelesaikan studinya. Kesempatan bekerja di perusahaan terkemuka pun lebih terpampang karena kesempatan Anda untuk memulai magang selama masa kuliah juga lebih besar.

Rata-rata universitas di Jakarta juga sudah memiliki relasi dengan berbagai perusahaan karena banyak alumni bekerja di sana. Situasi ini akan semakin menguntungkan sebab perusahaan tersebut lebih mudah melirik Anda dibandingkan mahasiswa lain.

5.  Akses Transportasi Lengkap

Kuliah di Jakarta tidak akan membuat Anda pusing memikirkan masalah transportasi untuk bisa pulang pergi ke tempat kuliah. Ini karena akses transportasi umum di Ibu Kota sudah sangat lengkap dibandingkan kota-kota lainnya di seluruh Indonesia.

Mulai dari TransJakarta, kereta rel listrik (KRL), sampai mass rapid transit (MRT), bisa menjadi pilihan transportasi ke tempat kuliah. Biaya transportasi umum di Jakarta pun terbilang cukup terjangkau bagi kantong mahasiswa. Di luar pilihan-pilihan tersebut, Anda juga bisa memilih menggunakan ojek online, taksi, ataupun bus kota untuk bepergian ke kampus hingga berbagai tempat di Jakarta.

6.  Peluang Beasiswa Tinggi

8 Keuntungan Mahasiswa yang Kuliah di Jakarta

Ketika memutuskan kuliah di Jakarta, peluang mendapatkan beasiswa juga bisa meningkat. Ini karena kesempatan memperoleh beasiswa tidak hanya berasal dari pemerintah pusat, melainkan juga dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta serta berbagai perusahaan dan lembaga yang bekerja sama dengan tempat Anda berkuliah yang kerap menawarkan program beasiswa.

Alasan lain mengapa peluang memperoleh beasiswa menjadi lebih tinggi ketika Anda kuliah di Jakarta adalah karena akses informasi yang lebih cepat dan banyak. Masalah akses informasi inilah yang kerap menjadi kendala mahasiswa di daerah sulit mendapatkan beasiswa. Contohnya, mahasiswa di daerah gagal mendapatkan beasiswa karena terlambat melengkapi berkas persyaratan sebab informasi terlambat didapatkan.

7.  Beragam Pilihan Hiburan  

Ketika kuliah, Anda tentu tidak betah jika hanya terus belajar di gedung kampus. Tiap mahasiwa pasti ingin rehat sejenak dengan pergi ke tempat-tempat penuh hiburan, seperti tempat wisata ataupun kafe. Tujuannya juga beragam, bisa melepaskan penat karena banyaknya tugas, menjalin pertemanan, sampai mungkin untuk belajar secara menyenangkan.

Jika memutuskan kuliah di Jakarta, Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan pilihan hiburan untuk menemani hari-hari Anda sebagai mahasiswa. Mulai dari mal sampai tempat rekreasi berderet ada di Jakarta. Anda tinggal menyesuaikannya dengan keinginan. Jika ingin nongkrong santai, mal atau kafe bisa menjadi pilihan. Museum juga dapat menjadi tempat hiburan untuk memperoleh suasana belajar yang menyenangkan..

8.  Perspektif Lebih Luas

Berkuliah di kota besar seperti Jakarta artinya Anda akan bertemu banyak individu dari berbagai kota lainnya. Banyaknya orang yang Anda jumpai dari berbagai suku dan etnis bisa membantu Anda mengasah perspektif lebih luas.

Dengan pemikiran yang lebih luas, Anda akan lebih bijak menghadapi perkuliahan dan kehidupan selepas masa kuliah. Dengan perspektif yang lebih lapang ini pula, Anda akan lebih mudah beradaptasi nantinya di dunia kerja.

Memilih berkuliah di kota besar seperti Jakarta, Anda tidak hanya memperoleh pendidikan yang baik, tetapi juga lingkungan yang mendukung untuk berkembang. Dengan modal itu, Anda pun akan menjadi lebih siap untuk masuk ke dunia kerja nantinya.

Selain berbagai keuntungan di atas, Anda juga tidak perlu pusing memikirkan akses kesehatan ketika berkuliah di Jakarta. Berbagai fasilitas kesehatan siap menunjang kegiatan Anda selama berkuliah. Namun, biaya untuk mendapatkan layanan di fasilitas kesehatan tentunya tidaklah sedikit. Mempersiapkan asuransi kesehatan terlebih dahulu menjadi pilihan lebih bijak agar isi dompet Anda tidak terkuras jika Anda jatuh sakit. PFI Mega Life bisa menjadi salah satu opsi asuransi kesehatan yang bisa menjadi teman baik untuk menjaga Anda.

Lindungi diri Anda selama berkuliah di Jakarta dengan Asuransi Mega Hospital Investa dari PFI Mega Life yang akan memberikan Anda santunan rawat inap karena sakit/kecelakaan, dan santunan rawat inap ICU/ICCU. Hanya dengan membayar premi mulai dari Rp4.000 per hari, Anda akan mendapat santunan sampai dengan Rp600 ribu per hari. Dengan perlindungan dari Mega Hospital Investa, Anda bisa menjalankan kegiatan perkuliahan dengan lebih tenang.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.