Finansial

20 Ide Menarik untuk Memulai Usaha Rumahan

PFI Mega Life
 08 Mei 2020
Memulai bisnis tidak harus modal besar. Tidak ada salahnya mencoba memulai usaha rumahan keren berikut ini!

20 Ide Menarik untuk Memulai Usaha Rumahan

Bagi yang ingin kebebasan dalam ruang gerak atau pendapatan ekstra, boleh banget melirik peluang usaha rumahan. Masih banyak sekali peluang usaha rumahan yang menjanjikan, tanpa harus mengeluarkan modal besar atau investasi gila-gilaan. Berikut 20 jenis usaha yang bisa dirintis dari rumah dengan penghasilan menjanjikan.

20 Ide Peluang Usaha Rumahan Yang Menjanjikan

 

1.  Usaha Kuliner Rumahan

Ini peluang usaha rumahan yang tidak bakal lekang oleh zaman. Booming usaha rumahan berbasis kuliner sudah banyak dinikmati banyak kalangan, terutama yang punya keahlian memasak atau baking. Berangkat dari hobi, Anda bisa memulai usaha rumahan ini dengan beberapa tips berikut:

  • Fokus ke menu andalan dengan memperhatikan kualitas.
  • Rajin berbagi sampel makanan ke teman dan kerabat.
  • Ambil untung sewajarnya, terutama bagi memula.
  • Rajin membangun koneksi dengan food influencer dan memanfaatkan sosial media.

 

2.  Food Influencer

Tidak jauh-jauh dari usaha rumahan bertema kuliner. Anda juga bisa mencoba menjadi influencer khusus makanan alias food influencer. Untuk memulai usaha rumahan ini, prinsipnya adalah membangun followers di media sosial. Dengan review jujur dan konsistensi dalam posting di media sosial, perlahan follower Anda akan semakin berkembang.

3.  Usaha PO Makanan

Tidak mahir memasak? Kurang fasih juga jadi food influencer? Kalian masih bisa berkecimpung dalam usaha makanan sebagai penyedia jasa makanan offline. Anda kemudian bisa menjualnya secara online dengan cara mengumpulkan pesanan. Dengan pesanan kuantitas besar, Anda cukup mengambil profit margin tipis dan bisa mendapatkan penghasilan ekstra.

4.  Jasa Titip Belanja

Jasa titip (jastip) tidak hanya untuk yang bepergian di luar negeri, tetapi juga untuk lingkup dalam negeri maupun area tertentu. Anda bisa memulai jasa titip belanja pasar tradisional yang kini semakin booming semasa wabah sekarang ini. Usaha rumahan jastip belanja ini semakin membuktikan mobilitas bisa dijadikan peluang berbisnis yang menjanjikan.

5.  Menjual Barang Bekas

Tren pasar preloved atau barang second bukan lagi hal baru di Indonesia. Bahkan, Analytic Data Advertising (ADA) mencatat adanya kenaikan transaksi jual-beli barang second-hand hingga 300% pada Maret 2020. Usaha rumahan ini bisa dilakukan di berbagai online marketplace, baik khusus barang bekas maupun tidak.

6.  Usaha Rental

Tidak usah pesimis jika tidak ada barang bekas yang bisa dijual, bisa jadi barang kalian bisa direntalkan kepada peminat lain. Usaha rental adalah salah satu usaha rumahan yang menjanjikan, terutama dengan tersedianya beberapa platform marketplace yang bisa dimanfaatkan. Mulai dari rental ruang kosong, mobil, perlengkapan bayi, buku, dan kostum.

7.  Penulis Freelance

20 Ide Menarik untuk Memulai Usaha Rumahan

Punya bakat menulis? Coba bergabunglah dengan komunitas freelancer Indonesia untuk mendapatkan proyek-proyek menulis menarik. Terutama jika menguasai bahasa asing, talenta kalian akan sangat dicari sebagai penerjemah atau translator. Cari dulu marketplace khusus freelancer, baik lokal maupun internasional.

8.  Jasa Desain Grafik

Tidak kalah menjanjikan, jasa grafik desain, logo, website, dan aplikasi juga adalah salah satu usaha rumahan yang banyak peluang. Seiring dengan geliat UKM di dalam negeri, para pebisnis kecil ini pasti membutuhkan representasi visual untuk branding. Bukan tidak mungkin, jasa desain grafik atau website ini bisa kalian kembangkan ke peluang percetakan, mulai dari kartu nama, brosur, baliho, dan menu.

9.  Spesialis Sosial Media

Dikarenakan zaman modern tidak pernah lepas dari yang namanya sosial media, profesi admin dan spesialis sosial media juga kian dicari. Jika tugas admin online sekadar upload foto, posting caption atau memberi respons di media sosial, spesialis sosial media punya tugas lebih kompleks. Di antaranya adalah menyusun kampanye digital, menganalisis tren, hingga meningkatkan kredibilitas dan engagement dengan audience.

10.  Tutor Privat

Sektor edukasi adalah salah satu industri yang akan terus bergerak selama dunia masih berputar. Peluang usaha rumahan ini kini semakin fleksibel karena Anda juga bisa menggunakan platform online untuk privat tutoring secara virtual tetap efektif. Anda juga bisa memulai usaha jasa les privat secara offline dengan bermula dari lingkungan tempat tinggal.

11.  Jualan Produk Homemade

Jangan sepelekan produk kerajinan tangan yang merupakan salah satu nadi perekonomian Indonesia. Usaha rumahan produk homemade mulai dari bingkisan hamper, kesenian anyaman, produk kecantikan, lilin, hingga sabun. Banyak produk lokal yang bermula dari skala rumahan dengan peluang ekspor jika dikelola dengan tepat. Fokus saja dengan pengembangan produk homemade yang tepat sesuai keahlian Anda. Jaga kualitas dan strategi marketing memanfaatkan media sosial untuk pemasarannya.

12.  Youtuber

20 Ide Menarik untuk Memulai Usaha Rumahan

Apa sih yang membuat banyak orang berlomba-lomba menjadi Youtuber? Ini karena konten adalah salah satu produk era milenial yang dibutuhkan semua orang. Tren video diprediksi akan terus merajai pasar digital, sekaligus menjadi aset yang terus bisa menghasilkan penghasilan ekstra.

Menjadi seorang Youtuber tidak membutuhkan modal besar, cukup smartphone dan aplikasi edit video supaya hasilnya menarik. Pilih topik yang kalian kuasai dan prioritaskan sisi edukasi yang positif. Jangan lupa juga konsisten dengan jadwal upload dan kualitas konten.

13.  Dropshipper

Generasi milenial pasti tidak asing lagi dengan istilah dropship. Definisi istilah ini tidak jauh dari arti “perantara”, alias penyambung antara penjual yang memiliki stok dengan pembeli. Jadi, usaha rumahan dropshipper sangat minim risiko dan rendah biaya.

Anda bisa mulai dengan menjual produk tertentu dan memajangnya di lapak online. Setelah pembayaran terkonfirmasi, Anda bisa memesan produk dan mencantumkan alamat pembelian sesuai order awal yang diterima.

14.  Jasa Laundry

Berani memberi fasilitas lebih, ini bisa jadi kunci usaha rumahan laundry yang sukses. Banyak jasa laundry kiloan yang menawarkan harga miring, pelayanan antar-jemput, serta hasil bersih kinclong. Dengan kerja keras dan pemasaran yang tepat, profit juga bisa menutupi biaya berjalan.

15.  Jualan Produk Kesehatan

Produk-produk kesehatan seperti alat sterilizer, masker kain, hand sanitizer, hingga obat herbal banyak diburu karena wabah virus yang belum selesai. Banyaknya permintaan ini bisa menjadi peluang bagi Anda untuk menyediakan produk yang sedang on-trend. Tentunya Anda harus ingat menjual dengan harga yang masuk akal.

16.  Agen Asuransi

Satu lagi yang tidak boleh dilewatkan, menjual produk asuransi adalah lebih dari sekadar transaksi jual beli. Kalian juga bisa menambahkan dengan jasa konsultasi keuangan dan memberikan saran investasi yang tepat.

17.  Podcast Creator

20 Ide Menarik untuk Memulai Usaha Rumahan

Usaha rumahan dengan memulai channel podcast juga adalah sejenis bisnis konten kreator dengan model siaran. Topik yang bisa diangkat juga sangat luas, mulai dari olahraga, politik, edukasi, kesehatan dan masih banyak lagi. Trend podcast bisa menguntungkan jika audiens kalian berkembang dan loyal. Dengan demikian, kalian bisa mendapatkan sponsor, endorse, atau kerja sama menarik lainnya.

18.  Budidaya Ikan Hias

Hobi tidak ada patokan harga. Salah satunya adalah komunitas peminat ikan hias dengan harga jual bisa mencapai hingga ratusan juta rupiah per ekor. Selain ikan hias, komunitas pencinta reptil juga berani membayar mahal demi mendapatkan peliharaan terbaru. Jika kalian punya jiwa breeder alias peternak, boleh coba bisnis di bidang budidaya untuk permulaan.

19.  Trader Komoditas

Punya relasi ekspor? Kalian bisa mencoba jasa trader komoditas dari produk-produk alam Indonesia. Sebut saja kopi, cokelat, kelapa, tekstil, atau produk laut yang selalu ada pasarnya di pangsa internasional. Hal terpenting, kalian juga harus jeli dengan syarat pembayaran. Mulai saja dulu dalam kuantitas kecil dan pembayaran minimal DP, misalnya 20%, dengan pembeli yang kredibel. Seiring berjalan waktu, bisnis Anda akan semakin banyak dikenal.

20.  Konsultan SEO

Siapa sih yang tidak ingin website mereka muncul di laman pertama mesin pencari? Nah, inilah peran konsultan SEO yang bisa mencari keywords unik agar bisa diterapkan secara tepat di situs. Skills ini bisa kalian kembangkan dengan belajar dan terus gali ilmu khususnya di bidang SEO. Jika dijalani dengan tekun, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan semakin banyak project SEO dengan budget besar.

Jangan Lupakan Asuransi Kesehatan

 

Apa pun jenis usaha rumahan yang kalian pilih nantinya, Anda dan keluarga tetap harus membekali diri dengan asuransi kesehatan. Merintis usaha rumahan cenderung membutuhkan kerja keras dan rentan stres, jangan sampai mengorbankan kesehatan. Karena itu, yuk pilih asuransi Mega Hospital Investa dari PFI Mega Life!

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.