Finansial

Kamu Boros? Begini 7 Tips Menabung Uang yang Mudah Dilakukan

PFI Mega Life
 01 Apr 2020
Masa depan sejahtera lahir dari persiapan di usia muda. Agar memiliki dana yang cukup di usia senja, Anda harus bisa menerapkan tips menabung uang dengan baik.

Kamu Boros? Begini 7 Tips Menabung Uang yang Mudah Dilakukan

Bagi sebagian orang, menabung bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Meski sadar akan pentingnya menabung dan manfaatnya di kemudian hari, gaya hidup yang boros sering kali menyulitkan sebagian orang untuk menyisihkan sebagian uangnya dan menerapkan tips menabung uang.

Mungkin Anda termasuk salah satu di antaranya. Jika Anda memiliki masalah yang sama, tips menabung berikut mungkin bisa membantu.

Tips Menabung Uang

Kamu Boros? Begini 7 Tips Menabung Uang yang Mudah Dilakukan

1. Ketahui Berapa Total Penghasilan dan Pengeluaran Anda

Menabung tentu harus rasional. Anda tidak bisa menyisihkan sebagian penghasilan begitu saja tanpa mengetahui berapa total penghasilan dan pengeluaran setiap bulannya. Untuk itulah, Anda harus mengetahui keduanya sebelum mulai mengambil langkah pertama.

Jika Anda bekerja sebagai seorang karyawan, menghitung total penghasilan akan jauh lebih mudah. Meski demikian, pemasukan tidak tetap juga perlu Anda masukkan.

Setelah mengetahui berapa total penghasilan dalam satu bulan, Anda bisa mulai menghitung pengeluaran bulanan Anda. Untuk yang satu ini, Anda bisa mengacu pada pengeluaran rutin seperti biaya sewa rumah kalau memang masih mengontrak, biaya makan, transportasi dan tagihan-tagihan bulanan lainnya.

Selanjutnya, bandingkan pengeluaran tersebut dengan pemasukan bulanan Anda. Dari sini, Anda bisa melihat berapa potensi pemasukan yang dapat ditabung nanti.

2. Buat Dua Rekening yang Berbeda

Sangat mudah untuk menghabiskan uang yang ada di dalam rekening, terlebih jika Anda hanya memiliki satu rekening. Meskipun memiliki komitmen kuat untuk menabung dan menerapkan tips menabung uang secara disiplin, ada risiko menggunakan uang tabungan tanpa Anda sadari.

Untuk menghindari permasalahan seperti ini, Anda bisa membuka dua rekening yang berbeda. Rekening pertama digunakan untuk menerima gaji dan memenuhi kebutuhan. Rekening kedua bisa digunakan khusus sebagai rekening tabungan.

Memisahkan dua rekening seperti ini akan membantu Anda melihat banyak hal dengan lebih jelas. Anda bisa melihat berapa banyak uang yang boleh Anda gunakan setiap bulannya. Di sisi lain, Anda juga bisa melihat berapa banyak uang yang tidak boleh Anda gunakan dan harus dijaga jumlahnya.

3. Tentukan Tujuan Menabung

Menabung akan terasa sangat sulit jika Anda tidak memiliki tujuan yang jelas. Saat Anda memiliki tujuan, motivasi Anda akan bangkit bahkan tetap terjaga. Jadi sebelum mulai menabung, pastikan menentukan tujuannya terlebih dahulu.

Tujuan dalam menabung ini bisa Anda relasikan dengan tujuan keuangan. Apakah membeli rumah, membeli mobil, atau modal usaha; tentukan tujuan yang benar-benar sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Jangan menentukan tujuan yang terlalu dibuat-buat. Tujuan seperti ini tidak akan banyak membantu, bahkan membuat menabung terasa semakin membebani.

Setelah Anda memiliki tujuan menabung, genggam erat tujuan tersebut. Jika perlu, tulis dalam buku catatan untuk membantu Anda untuk mengingatnya. Dengan menanamkan tujuan tersebut ke dalam pikiran bawah sadar, dorongan untuk menabung akan semakin kuat.

4. Buat Anggaran

Kapasitas Anda dalam menabung sangat ditentukan dua hal, yakni besaran penghasilan dan pengeluaran Anda. Untuk membantu mengontrol pengeluaran rutin dan memudahkan Anda dalam menerapkan tips menabung, buatlah anggaran bulanan.

Anggaran ini berisi pengeluaran rutin bulanan Anda. Dalam anggaran tersebut, fokuslah pada kebutuhan-kebutuhan yang memang penting. Jangan lupa juga untuk memasukkan anggaran tak terduga. Berangkat dari sini, Anda bisa melihat berapa banyak uang yang berpotensi Anda tabung.

5. Hindari Pengeluaran yang Kurang Penting

Anggaran bulanan adalah road map dalam mengelola keuangan selama satu bulan. Karena itu, Anda harus mengikutinya. Jika Anda memiliki anggaran, godaan untuk membeli barang-barang yang tidak diperlukan akan semakin kecil.

Menghindari pengeluaran yang tidak begitu penting adalah salah satu kunci menabung. Jika sebelumnya Anda terbiasa membeli kopi di kafe, mulailah untuk mengurangi intensitasnya. Buat kopi sendiri agar lebih hemat.

Jika Anda sering membeli makanan di warung makan, mulailah untuk membeli bahan mentah dan memasaknya sendiri. Cara-cara seperti ini akan membantu menghemat keuangan Anda.

6. Tingkatkan Penghasilan Anda

Menekan pengeluaran itu baik. Dengan melakukannya, Anda bisa menabung lebih banyak dan mencapai tujuan keuangan lebih cepat. Akan tetapi menekan pengeluaran saja tidaklah cukup. Anda juga harus mencari cara untuk meningkatkan penghasilan.

Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk meningkatkan penghasilan. Misalnya saja dengan mencari pekerjaan sampingan dengan menjadi pekerja lepas atau mulai membangun bisnis Anda sendiri. Jika Anda cukup jeli, tidak sulit melihat peluang-peluang seperti ini.

Selain menyisihkan uang untuk menabung, mulailah untuk berinvestasi. Investasi juga bisa menjadi cara cerdas untuk meningkatkan penghasilan tanpa harus bekerja keras. Jika Anda berhasil menemukan aset yang bernilai dan berpotensi untuk terus tumbuh, Anda bisa mendapatkan pasive income.

Tips menabung uang yang satu ini memang terbilang lebih sulit jika dibandingkan dengan tips-tips sebelumnya. Namun jika Anda berhasil melakukannya, hampir bisa dipastikan Anda tidak akan mengalami masalah keuangan di kemudian hari.

7. Lindungi Kekayaan Anda dengan Asuransi

Hidup bisa sangat keras pada mereka yang kurang mempersiapkan diri. Namun, meski Anda sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin, akan selalu ada hal-hal di luar prediksi. Kejadian-kejadian di luar prediksi bisa memberi pengaruh besar pada kondisi finansial Anda. Bahkan tidak jarang, beberapa kejadian tersebut bisa memupuskan impian dan cita-cita yang Anda miliki.

Untuk mengantisipasi hal-hal seperti ini, Anda harus mempersiapkan diri dengan memiliki asuransi. Saat ini ada banyak jenis asuransi yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Dalam hal ini, Anda bisa fokus pada aset yang menurut Anda paling penting. Salah satunya adalah kesehatan.

Memiliki asuransi kesehatan merupakan salah satu bagian penting dalam tips menabung. Perlindungan asuransi akan menjaga Anda dari kejadian-kejadian tak terduga seperti biaya operasi yang sangat tinggi atau biaya rawat inap yang berpotensi menggerus kekayaan yang telah Anda kumpulkan selama ini.

Asuransi juga membantu melindungi orang-orang yang Anda sayangi. Dengan memiliki asuransi, Anda dan keluarga bisa mendapatkan akses layanan kesehatan yang layak.

Kamu Boros? Begini 7 Tips Menabung Uang yang Mudah Dilakukan

Tips menabung uang bukanlah cara instan untuk mencapai tujuan keuangan. Untuk mewujudkan tujuan yang telah Anda tentukan, Anda harus mengubahnya menjadi mindset dan menerapkannya sebagai kebiasaan. Selain itu, Anda juga harus mencari cara untuk melindungi kekayaan.

Asuransi kesehatan PFI Mega Life dibuat untuk membantu Anda yang menginginkan perlindungan asuransi dengan biaya premi cukup terjangkau. Dengan premi bulanan mulai dari Rp 53.000, Anda bisa mendapatkan perlindungan asuransi dengan santunan rawat inap sebesar Rp 250.000 atau Rp 500.000 untuk rawat inap ICU/ICCU.

Selain santunan rawat inap, asuransi kesehatan PFI Mega Life juga menawarkan manfaat santunan meninggal dunia mulai dari Rp 1.000.000. Anda juga bisa mendapatkan no claim bonus sebesar 50% setiap 3 tahun. Bersama dengan PFI Mega Life, tips menabung yang Anda terapkan menjadi lebih sempurna.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.