Finansial

5 Cara Meningkatkan Peluang Usaha Makanan yang Dapat Kamu Lakukan

PFI Mega Life
 04 Mei 2020
Peluang usaha makanan yang masih besar bisa dimaksimalkan lewat lima cara berikut ini!

5 Cara Meningkatkan Peluang Usaha Makanan yang Dapat Kamu Lakukan

Jika Anda adalah seorang yang terjun di dunia kuliner atau menjalankan usaha makanan ringan, tentu sangat memahami bisnis makanan ringan dan sejenisnya selalu dinamis. Tak jarang, saat situasi ekonomi sulit, kompetisi makin keras, dan musim berganti, penjualan yang Anda capai kurang memuaskan dan jauh dari harapan. Namun, Anda tidak perlu berkecil hati, peluang usaha makanan untuk mampu bertahan dan menjadi sukses di kemudian hari selalu ada. 

Anda bisa melakukan banyak hal untuk meningkatkan peluang usaha makanan Anda bertahan di situasi sulit dan menggapai kesuksesan. Beberapa di antaranya adalah poin-poin tips di bawah ini. Yuk, simak dan praktekkan sekarang juga!

1.  Lakukan Hal-hal Lebih dari Biasanya

Satu hal yang pasti, Anda perlu bekerja lebih keras dari biasanya. Lakukanlah hal-hal lebih dari yang biasa Anda lakukan. Cobalah untuk menjual lebih banyak makanan, sebab dari sanalah pendapatan Anda bisa berlipat ganda.

Anda tak bisa menjual lebih banyak jika produksi tetap. Naikkan produksi secara efektif dan efisien agar tidak meningkatkan kerugian dari sisi produksi. Pastikan jaringan distribusi juga sudah mencukupi untuk mendistribusikan produk yang lebih banyak tersebut.

Anda juga perlu menjaring lebih banyak pelanggan. Jika Anda menjalankan usaha makanan ringan, pelanggan perlu diingatkan lewat promosi yang berulang namun tidak sampai mengganggu privasi pelanggan. Kreatif dalam memasarkan produk sangat penting artinya untuk menarik lebih banyak pelanggan baru, serta membuat pelanggan lama merasa ada sesuatu yang baru yang harus dicoba.

Selain itu, Anda bisa mencoba untuk membuat jam buka lebih panjang dari biasanya. Jam buka yang lebih panjang membuat pelanggan bisa datang sesuai preferensi waktu mereka. Jika Anda berjualan tanpa restoran, kafe, atau toko, melainkan hanya secara online, Anda bisa meningkatkan waktu standby untuk menerima pesanan lebih dari biasanya. Semakin lama Anda siap untuk melayani pelanggan, semakin besar kemungkinan untuk melakukan penjualan.

2.  Menaikkan Penjualan per Pelanggan

Tips kedua yang bisa Anda lakukan adalah mencari cara untuk menaikkan penjualan per pelanggan. Pelanggan yang loyal biasanya membeli secara rutin dan mencakup item yang sama setiap membeli. Nah, Anda perlu merangsang pelanggan untuk membeli lebih banyak dari yang biasa Anda beli.

Salah satu caranya adalah dengan memberikan potongan atau diskon pada setiap pembelian dengan syarat tertentu. Anda juga bisa memberikan potongan berdasarkan membership. Dengan demikian, pelanggan akan terdorong untuk terus membeli dan akhirnya Anda mampu menaikkan penjualan per pelanggan.

Anda juga bisa melihat respons pelanggan dan mencari tahu varian produk apa yang mereka sukai. Jika memungkinkan, adakan survei untuk mencari info varian produk baru apa yang mereka inginkan sehingga Anda bisa menjaga loyalitas pelanggan sekaligus menaikkan omzet.

3.  Manfaatkan Peluang Online

5 Cara Meningkatkan Peluang Usaha Makanan yang Dapat Kamu Lakukan

Peluang usaha makanan untuk berkembang bisa berlipat jika Anda melakukan penjualan secara online. Jangkauan koneksi internet saat ini sudah jauh menjangkau hingga ke pelosok Indonesia. Bisnis makanan ringan paling cocok dengan strategi ini. Dengan internet yang menjangkau siapa pun, makanan ringan bisa dikirim ke manapun tanpa takut basi atau rusak.

Memanfaatkan media sosial semaksimal mungkin untuk mempromosikan produk yang Anda buat. Media sosial mainstream seperti Instagram, Facebook, dan Twitter wajib menjadi andalan Anda untuk memperkenalkan merek dan produk makanan Anda.

Selain itu, Anda bisa menggunakan Pinterest atau TikTok bila dirasa perlu. Tentunya Anda perlu mempelajari strategi pemasaran melalui media sosial terlebih dahulu. Jangan takut untuk melakukan paid promote jika Anda membutuhkannya.

Saat ini internet tak bisa dilepaskan dari Google. Karena itu, pastikan Anda membuat laman bisnis Anda di Google My Business. Membuat laman tersebut akan meningkatkan eksposur bisnis makanan Anda secara maksimal.

Begitu publik melakukan pencarian atas produk Anda atau nama bisnis Anda sedikit saja, informasi lengkap akan muncul mulai dari jam buka, alamat website, lokasi, dan foto-foto bisnis Anda akan muncul di laman pencarian Google.

Bagi Anda yang memiliki usaha makanan ringan, Anda bisa menjual produk lewat merchant-merchant populer seperti Shopee, Bukalapak, dan Tokopedia. Berjualan lewat merchant e-commerce seperti itu akan memberikan Anda keuntungan mendapatkan jauh lebih banyak konsumen.

Ada pula program yang menarik bagi penjual maupun pembeli, misalnya ongkos kirim gratis yang membuat lebih banyak orang berhasrat membeli produk. Tak ketinggalan pula masalah pengiriman, semua sudah terintegrasi sehingga tidak ribet dan produk sampai ke tangan pelanggan dengan aman.

4.  Berikan Pengalaman yang Luar Biasa

Tak bisa dimungkiri, pelanggan masa kini sebagian besar menitikberatkan pada pengalaman saat membelanjakan uang mereka. Karena itu, untuk meningkatkan peluang usaha makanan Anda lebih sukses, pastikan Anda memberikan pengalaman yang luar biasa pada mereka.

Mulai dari rasa yang memiliki kekhasan, pelayanan yang ramah dan berpusat pada pelanggan, serta after sales yang tetap memuaskan mereka. Anda juga bisa memberikan rewards untuk pelanggan yang setia, yang telah beberapa kali berkunjung atau membeli produk Anda.

Jika Anda memiliki restoran atau kafe, ciptakan racikan menu makanan atau minuman yang tepat. Pastikan makanan dan minuman Anda pas satu sama lainnya. Menu yang tepat akan membuat pelanggan memesan lebih dari yang ia butuhkan hanya karena merasa menu yang ia inginkan cocok dengan menu lain yang Anda sediakan.

Hal yang sama berlaku jika Anda menjalankan bisnis makanan ringan. Anda bisa menyediakan produk-produk yang cocok satu sama lainnya. Bisa juga dengan menghadirkan beberapa macam varian yang menarik. Pelanggan akan merasa ada yang kurang jika membeli satu tapi tak membeli lainnya.

5.  Gunakan Metode Pembayaran yang Aman

Hal lain yang tak kalah penting bagi pelanggan adalah mengenai cara atau metode pembayaran. Pastikan Anda menggunakan teknologi pembayaran terkini dengan keamanan yang terjamin. Ada berbagai metode mulai dari tunai, kartu debit, kredit, cashless, hingga cash on delivery (COD). Anda perlu mempersiapkan itu semua dengan baik agar pelanggan merasa mudah dan simpel.

5 Cara Meningkatkan Peluang Usaha Makanan yang Dapat Kamu Lakukan

Jangan Lupakan Kesehatan Anda

 

Bekerja keras untuk membuat meningkatkan peluang usaha makanan bisa sukses adalah hal yang baik, tetapi Anda tidak boleh sampai melupakan kesehatan Anda. Menjaga kualitas tidur dan asupan makanan yang baik dan benar adalah salah satu kunci menuju hidup sehat. Dibarengi berolahraga, Anda bisa meningkatkan kualitas hidup. Meski demikian, Anda perlu mempersiapkan diri dengan asuransi kesehatan untuk berjaga-jaga.

Anda bisa mempercayakan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa Anda pada PFI Mega Life melalui dua produk asuransinya Mega Hospital Investa dan Mega Comforta. Mega Hospital Investa memberikan santunan rawat inap yang dibutuhkan sehingga tak perlu khawatir jatuh sakit akan menguras tabungan Anda. Ditambah Asuransi Jiwa Mega Comforta, Anda bisa memastikan ketenangan hidup di masa tua. Yuk, mulai sekarang juga agar tidak menyesal kemudian.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.