Finansial

Cara Mengatur Keuangan Ala Jepang untuk Kehidupan Finansial yang Lebih Baik

PFI Mega Life
 02 Jan 2020
Masyarakat Jepang jadi panutan dalam banyak hal termasuk cara mengatur keuangan. Perbaiki finansial Anda dengan cara berikut dan jangan lupa miliki asuransi.

Gaya hidup masyarakat Jepang banyak dijadikan panutan oleh masyarakat dari negara lain. Mulai dari gaya berpakaian, etos kerjanya yang sangat tinggi, cara mengolah makanan, dan masih banyak lagi. Ternyata ada hal lain dari masyarakat Jepang yang sangat perlu dijadikan panutan. 

Ternyata masyarakat Jepang sangat serius dalam menjalankan penghematan sebagai cara mengatur keuangan. Penghematan tersebut dimaksudkan agar mereka selalu punya cukup uang untuk hal-hal yang lebih penting, misalnya pendidikan, kesehatan, dan lain-lain. 

Pengaturan keuangan yang ketat ini diterapkan sebagai cara mengatur keuangan pribadi maupun keluarga. Pengaturan dan penghematan semacam ini sangat perlu ditiru oleh masyarakat modern yang cenderung konsumtif. 

Jangan berpikir bahwa penghematan yang dilakukan masyarakat Jepang akan menyiksa. Jika diperhatikan baik-baik ternyata gaya hidup yang diterapkan untuk melakukan penghematan ini cukup sederhana. 

 

Cara Mengatur Keuangan Ala Orang Jepang, Ramah Keuangan dan Ramah Lingkungan 

 

Mempraktekkan cara mengatur keuangan ala orang Jepang ternyata tak hanya berdampak baik bagi kondisi finansial. Tanpa disadari kebiasaan-kebiasaan ini bisa pula mendatangkan efek yang positif bagi lingkungan. 

Seperti apakah sebenarnya pengaturan keuangan yang dimaksud? Berikut penjelasan lengkapnya:

  • Menggunakan Transportasi Umum

Langkah penghematan yang paling pertama dilakukan adalah menggunakan transportasi umum. Bahkan jika masih memungkinkan orang Jepang lebih suka untuk berjalan kaki atau menggunakan sepeda yang sama sekali tak menggunakan bahan bakar. 

Menggunakan transportasi umum memang lebih murah ketimbang membawa kendaraan pribadi. Kebiasaan seperti ini sangat bisa diterapkan di Indonesia. Apalagi kini pemerintah semakin serius membangun sistem transportasi terintegrasi.

Menggunakan transportasi umum tak hanya berguna untuk melakukan penghematan. Cara ini juga bisa menyelamatkan lingkungan dari polusi berlebihan akibat gas buang kendaraan. Semakin banyak masyarakat yang tergerak untuk menggunakan transportasi umum maka akan semakin baik pula kualitas udara di suatu kota. 

  • Menekan Biaya Sewa Tempat Tinggal 

Selain menekan biaya transportasi, ternyata kebanyakan masyarakat Jepang juga menerapkan cara mengatur keuangan dengan menekan biaya tempat tinggal. Hal ini berkaitan dengan eots kerjanya yang sangat tinggi. Karena sebagian besar waktunya dihabiskan untuk kegiatan produktif jadi mereka merasa cukup menyewa tempat tinggal sederhana untuk tidur saja. 

Anda mungkin bisa meniru cara ini jika masih lajang. Beda halnya jika sudah berkeluarga, ada kenyamanan orang lain yang perlu diperhatikan. Satu hal yang bisa dicontoh dari kebiasaan masyarakat Jepang ini adalah dengan menekan gengsi dan mencari sesuatu sesuai dengan fungsinya saja. 

  • Selalu Membuat Daftar Belanja

Sebagai upaya menekan perilaku konsumtif yang berlebihan, masyarakat Jepang selalu membawa daftar belanja ketika mengunjungi pusat perbelanjaan. Sesampainya di toko orang-orang Jepang, terutama para ibu rumah tangga, akan langsung menuju rak belanjaan dibutuhkan. Perilaku melihat-lihat produk lainnya perlu dihindari karena bisa memancing perilaku konsumtif. 

Cara mengatur keuangan ala orang Jepang ini sangat perlu ditiru. Fokuslah selalu untuk memenuhi kebutuhan terlebih dahulu. Jika ada budget lebih barulah tak ada salahnya untuk membeli apa yang menjadi keinginan Anda. 

Jika ingin lebih hemat lagi Anda juga bisa mempertimbangkan untuk berbelanja di pasar tradisional. Harga di sana pasti lebih murah ketimbang di minimarket atau mall. 

  • Selalu Membawa Bekal

Penghematan berikutnya yang sering dilakukan orang Jepang adalah dengan membawa bekal dari rumah. Bekal yang dimaksud berlaku untuk makanan dan minuman. Bukan pemandangan yang mengherankan melihat para pegawai kantoran di Jepang pergi kerja sembari menenteng kotak bekal dan botol minum. 

Membawa bekal memang akan lebih murah ketimbang selalu membeli makanan di luar. Kebersihan makanan dan minuman yang dibawa dari rumah juga jelas lebih terjaga. Tak hanya itu, kebiasaan tersebut bisa membantu menyelematkan lingkungan karena akan mengurangi sampah. 

Jangan malu untuk pergi ke kantor membawa bekal. Kebiasaan seperti ini akan membuat Anda jadi lebih sehat baik secara fisik maupun finansial. 

  • Menjalani Gaya Hidup Minimalis

Apakah Anda familiar dengan nama Marie Kondo? Beberapa waktu nama penulis Jepang tersebut sempat booming karena bukunya yang menjelaskan cara hidup minimalis ala masyarakat Jepang. Hal tersebut sangat penting untuk menjadi bagian dari cara mengatur keuangan yang baik. 

Gaya hidup minimalis yang dimaksud adalah dengan memiliki pakaian secukupnya, perabotan rumah tangga secukupnya, dan lain-lain. Masyarakat Jepang hanya membeli dan menyimpan barang yang benar-benar dibutuhkan dan tidak menimbun segala sesuatunya dalam jumlah yang berlebihan. 

Tirulah kebiasaan masyarakat Jepang untuk hidup minimalis ini. Setelah terbiasa Anda pasti jadi terbiasa untuk menahan diri dari membeli dan mengoleksi barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

 

Baca Juga: Tips Jitu Mengumpulkan Tabungan Nikah 

 

Kakeibo, Cara Mengatur Keuangan dan Tabungan Ala Masyarakat Jepang

 

Selain melakukan penghematan masyarakat Jepang juga sangat serius dalam mengelola uang untuk ditabung. Teknik menabung ala masyarakat Jepang dikenal dengan nama Kakeibo. Berikut adalah bagaimana masyarakat Jepang menjalankan Kakeibo dan cara mengatur keuangan yang baik:

  • Selalu Catat Penghasilan dan Pengeluaran Tetap

Pencatatan atau pembukuan menjadi hal yang sangat penting dalam menjalankan kakeibo. Catat selalu penghasilan yang Anda dapat, baik dari gaji tetap maupun penghasilan tambahan lainnya. Catat juga apa yang menjadi pengeluaran tetap Ana setiap bulannya. 

Selisih antara penghasilan dan pengeluaran tersebutlah yang kemudian ditabung. Jangan lupa sisihkan sedikit untuk membeli kebutuhan-kebutuhan lain yang mungkin mendadak muncul. 

  • Tetapkan Jumlah Uang yang Ingin Ditabung 

Pada cara mengatur keuangan kakeibo setiap orang harus punya target spesifik berapa jumlah uang yang harus ditabung setiap bulannya. Target tersebut akan menjaga dari godaan pengeluaran berlebih yang tidak termasuk dalam pengeluaran tetap. 

Jika Anda ingin mengikuti langkah ini, jangan lupa untuk membuat rekening terpisah. Menyimpan uang untuk kebutuhan sehari-hari dan tabungan akan membuat Anda bingung dalam memisahkannya. 

  • Buat Beberapa Pos Pengeluaran

Cara berikutnya yang perlu dilakukan untuk mensukseskan kakeibo adalah dengan membagi pengeluaran ke dalam beberapa pos. Misalnya bagi pengeluaran bulanan Anda ke dalam pos kebutuhan pokok, pos pembayaran cicilan, pos hiburan, dan lain-lain. Cara itu akan membantu Anda lebih disiplin dalam mengeluarkan uang. 

Orang tua zaman dahulu biasa menerapkan cara ini dengan memasukkan uang tunai ke dalam beberapa amplop berbeda. Anda bisa meniru cara yang sama atau memisah-misah uang ke dalam beberapa rekening berbeda. 

 

Lengkapi Cara Mengatur Keuangan dengan Asuransi

 

Gaya hidup orang Jepang dan bagaimana mereka mengatur keuangannya memang layak ditiru, bukan? Setelah mempelajarinya kini waktunya Anda menerapkan cara tersebut agar kondisi finansial jadi lebih baik. Tapi, jangan lupa untuk memberikan perlindungan pada setiap rencana keuangan Anda. 

Perlindungan tersebut bisa diperoleh dengan cara memiliki asuransi. Pilihlah jenis asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Salah satu jenis yang paling penting untuk dimiliki adalah asuransi kesehatan. 

Perbaiki selalu cara mengatur keuangan Anda. Jangan lupa untuk memiliki asuransi sekarang juga, jangan tunda sampai ada kejadian yang tak terduga. 

 

Baca Juga: Cara Memilih Asuransi dengan Baik

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.