Finansial

Tidak Ada Salahnya Jajan Sekali-Kali, Begini Cara Mengatur Keuangan

PFI Megalife
 13 Agu 2019
Jajan mungkin bisa mengurangi stress Anda. Tapi harus diterapkan cara mengatur keuangan yang tepat agar jajan tersebut tidak mengganggu keuangan Anda. Bagaimana caranya?

cara mengatur keuangan

Bekerja merupakan rutinitas yang memakan sebagian besar waktu setiap harinya. Terlebih bagi Anda yang bertempat tinggal cukup jauh dari tempat kerja. Pulang pergi kerja menjadi jauh lebih memakan waktu dan tenaga.

Rutinitas kerja sedikit banyak pasti akan menyebabkan stress. Stress itu bisa berasal dari beban kerja yang banyak, lingkungan kerja yang dirasa kurang sesuai, atau justru karena sulitnya membagi waktu bersama keluarga.

Anda harus bisa mengendalikan stress karena dampaknya tak baik bagi kesehatan fisik maupun mental. Jajan mungkin bisa mengurangi stress Anda. Tapi harus diterapkan cara mengatur keuangan yang tepat agar jajan tersebut tidak mengganggu keuangan Anda.

Jajan untuk Melepas Stress, Kenapa Tidak?

Setiap orang punya cara berbeda-beda untuk melepas stress. Tapi jajan memang menjadi pilihan dari banyak orang. Sebelum berbicara tentang cara mengatur keuangan, yuk bahas dulu jajan apa saja yang menyenangkan dan bisa menghilangkan stress!

Makanan

Anda mungkin termasuk yang sepakat bahwa makanan yang baik akan mampu mengembalikan mood yang baik pula. Jajan makanan mungkin bisa menjadi pilihan Anda setiap kali stress melanda. Ingatlah bahwa jenuh dengan rutinitas yang itu-itu saja bahkan bisa turut memancing stress.

Coklat dikenal sebagai makanan yang bisa membuat seseorang merasa bahagia. Itu karena coklat mengandung senyawa yang bisa membangkitkan hormon endorphin. Hormon endorphin sendiri merupakan hormone yang bertanggung jawab menghadirkakn rasa senang, tenang, serta meredakan rasa sakit.

Buku

Jika Anda senang membaca buku, tentu buku adalah pilihan terbaik untuk meredakan stress. Pilihlah buku-buku ringan di waktu senggang Anda. Membaca buku yang sesuai selera Anda akan mampu meredakan stress dan rasa bosan karena rutinitas pekerjaan.

Tak ada salahnya jika Anda ingin membuat cara mengatur keuangan khusus untuk membeli buku. Perkirakan berapa jumlah buku yang bisa Anda tamatkan dalam sebulan. Ada baiknya Anda hanya membeli buku sejumla yang bisa Anda tamatkan bulan itu untuk menghindari buku-buku yang dibeli namun tak pernah sempat dibaca.

Pakaian

Jajan baju, celana, sepatu, atau bahkan kosmetik untuk membahagiakan diri sendiri tak ada salahnya selama tidak mengganggu pemenuhan kebutuhan yang lain. Berbelanjalah dengan bijak dengan budget yang sudah Anda hitung masak-masak.

Memilih aneka baju, sepatu dan beragam aksesoris memang bisa mendatangkan kesenangan bagi sebagian orang. Zaman sekarang kegiatan belanja tak selalu identik dengan datang ke mall. Anda bahkan bisa melakukannya secara online. Lakukan cara yang mana saja selama bisa membuat Anda bahagia.

Jangan lupa siapkan dana daruat yuk!

Cara Mengatur Keuangan Agar Tetap Bisa Jajan

Bagi Anda yang senang jajan, perhatikan cara mengatur keuangan berikut agar tetap bisa jajan tanpa harus kewalahan masalah keuangan:

  • Tentukan Batas Maksimal Pengeluaran

Berapapun gaji yang dipunya tak akan pernah cukup jika pengeluaran tak dikelola dengan benar. Kiat pertama yang bisa dicoba untuk mengatur keuangan adalah menetapkan berapa jumlah maksimal yang boleh Anda habiskan dalam sebulan.

Jumlah maksimal yang Anda tetapkan harus sudah termasuk kebutuhan pokok dan kebutuhan jajan. Kemudian sisa gaji bisa Anda tabung. Umumnya orang-orang menerapkan skema 70:30, yakni 70% untuk dibelanjakan dan 30% untuk ditabung.

  • Buatlah Daftar Prioritas

Anda tentu tak ingin kegiatan jajan Anda membuat kebutuhan-kebutuhan lainnya terabaikan. Solusinya ialah dengan membuat daftar prioritas. Mulailah menyusun daftar dari yang paling penting hingga yang tak terlalu penting.

Anda bisa membahagiakan diri dengan jajan setelah memastikan semua kebutuhan pokok akan bisa terpenuhi. Cara mengatur keuangan yang tepat memegang peranan penting dalam memastikan hal ini.

  • Manfaatkan Promo dan Diskon

Menjelang waktu gajian banyak toko maupun jasa travel yang menawarkan promo-promo dan diskon menarik. Anda bisa memanfaatkan promo dan diskon tersebut untuk bersenang-senang tanpa mengeluarkan banyak uang.

Ketika hendak jajan makanan, misalnya, carilah informasi pembayaran menggunakan metode apa yang memberikan diskon paling besar. Saat ini diskon atau promo cashback banyak datang dari e-money. Manfaatkan sebaik-baiknya.

Cek juga tips mengelola usaha rumahan.

  • Gunakan Fitur Pay Later

Tahukah Anda bahwa kini banyak market place dan penyedia jasa travel online yang menawarkan fitur pay later? Fitur ini memungkinkan Anda jajan berbagai produk dan nantinya dibayar dengan sistem mencicil.

Fitur pay later bisa dimanfaatkan agar keuangan tak langsung tersedot dalam jumlah besar dalam sekali waktu. Namun pastikan jumlah cicilan yang harus dibayarkan tiap bulannya tak mencekik Anda.

Apabila Anda disiplin dalam menerapkan cara mengatur keuangan di atas maka Anda tetap bisa jajan tanpa khawatir akan terlilit masalah keuangan. Adapun untuk uang tabungan sebaiknya Anda buatkan rekening terpisah agar bisa tetap disimpan dengan aman tanpa tergoda untuk dibelanjakan.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.