Finansial

5 Trik Untuk Mewujudkan Liburan Keluarga Idaman

PFI Megalife
 20 Sep 2018
Wujudkan liburan impian Anda dan keluarga dengan 5 perencanaan keuangan ini.

uang untuk liburan keluarga

Hampir setiap bulan di paruh kedua tahun ini memiliki tanggal merah yang bisa digunakan sebagai kesempatan untuk liburan keluarga baik ke dalam maupun luar negeri. Jangan lupa juga, ada liburan akhir tahun yang Anda bisa gunakan untuk jalan-jalan lebih lama.

Jika Anda berencana untuk pergi berlibur di akhir tahun, masih ada cukup waktu untuk menabung selama lima bulan kedepan. Ada langkah-langkah jitu yang bisa diambil untuk memastikan bahwa pelan tapi pasti, dana untuk liburan keluarga terkumpul di bulan-bulan yang akan datang.

Strategi Mewujudkan Liburan Keluarga Idaman

1. Tentukan anggaran

Pertama, putuskan besar dana yang Anda bersedia keluarkan untuk membiayai berbagai rencana berlibur. Sambil menentukan anggaran, lakukan riset dan buatlah daftar berbagai biaya yang Anda harus keluarkan. Selain transportasi, akomodasi, dan makanan, ada beberapa hal lain yang patut Anda perhitungkan juga, apalagi jika berencana ke luar negeri:

- Biaya dokumentasi (visa, paspor) serta asuransi perjalanan
Biaya tambahan untuk pakaian dan perawatan tubuh, seperti jaket musim dingin apabila ke negara
  bersalju atau sunscreen apabila ke pantai
Rental dan asuransi mobil apabila berencana untuk menyetir ke luar kota atau melakukan road trip ketika
  berada di luar negeri
Hiburan, seperti menonton konser, pergi ke taman wisata, atau berkunjung ke museum

Petakan sejak awal total biaya transportasi, akomodasi, makanan, pembuatan dokumentasi (visa, paspor), hiburan, dan biaya tambahan lainnya. Dengan begitu Anda jadi memiliki target yang jelas perihal jumlah uang yang Anda harus tabung di bulan-bulan kedepan.

2. Tentukan besar dana yang harus ditabung per bulan

menghitung buget liburan

Setelah Anda mengetahui anggaran, bagilah total tersebut sesuai jumlah bulan yang tersisa sebelum liburan. Angka ini akan menjadi target menabung Anda setiap bulannya.

Beritahu anggota keluarga Anda, termasuk anak-anak, tentang target liburan keluarga ini agar semua bisa saling membantu mengumpulkan uang. Keterlibatan ini akan menumbuhkan tanggung jawab pada anak-anak, dan mereka pun menyadari pentingnya perencanaan keuangan sejak dini.

3. Pangkas pengeluaran non-primer

Karena Anda kini sudah memasang target menabung, saatnya untuk mempertimbangkan kembali pengeluaran bulanan. Adakah pengeluaran non-primer yang Anda bisa pangkas, misalnya menonton di bioskop dan makan di restoran setiap akhir pekan?

Selain itu, adakah penghematan yang Anda bisa lakukan, misalnya dengan berbelanja keperluan dapur di pasar dan bukan di supermarket. Penghematan yang Anda lakukan akan sangat menolong dalam mencapai target menabung setiap bulannya.

4. Gunakan produk perbankan

Ada berbagai produk perbankan yang bisa Anda gunakan untuk membantu mengumpulkan dana liburan keluarga. Contohnya, Anda bisa membuka tabungan deposito yang memberikan bunga lebih tinggi dibanding tabungan umum. Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas kredit, mulai dari kartu kredit hingga KPA, yang ditawarkan bank.

Namun ingat, bijaklah dalam menggunakan fasilitas kredit. Gunakan fasilitas kredit hanya ketika Anda ingin menutupi sedikit kekurangan uang yang Anda telah tabung. Selain itu, pastikan bahwa Anda bisa membayar kredit dalam jangka waktu dekat setelah penarikan. Jangan sampai beban kredit Anda terlalu besar dan malah mengganggu rencana liburan keluarga yang sedang Anda siapkan.

5. Cari deals termurah

keluarga memilih destinasi untuk liburan

Cari berbagai macam deals, atau penawaran, baik untuk tiket pesawat, akomodasi, maupun tempat wisata secara online. Kini, sudah banyak sekali situs online yang membantu Anda mencari harga tiket dan akomodasi termurah.

Anda juga bisa memanfaatkan diskon yang ditawarkan untuk pengunjung website yang mendaftarkan diri untuk newsletter. Lalu, jika Anda memilih untuk menyewa kamar di sebuah rumah lewat platform-platform online, coba meminta diskon pada pemilik rumah jika Anda akan menginap untuk waktu yang lama. Selain itu, Anda bisa bertanya apakah memungkinkan untuk disediakan sarapan pagi agar menghemat uang makan.



Dengan perencanaan keuangan yang mantap, Anda dan keluarga bisa mewujudkan keinginan untuk berlibur. Liburan keluarga, baik di dalam atau di luar negeri, merupakan hal yang penting untuk menjaga kehangatan dan keakraban.

Anda dan keluarga bisa menikmati waktu bersama tanpa dihantui pekerjaan kantor atau tugas sekolah, sehingga keluarga Anda bisa bahagia bersama dan menciptakan memori-memori baru.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.