Finansial

4 Persiapan Pensiun yang Patut Anda Terapkan untuk Hari Tua yang Bahagia

PFI Megalife
 19 Sep 2018
Pensiun adalah sebuah fase yang pasti terjadi di kehidupan pekerja. Agar Anda bisa menikmati masa pensiun dengan tenang dan nyaman, sebaiknya Anda memulai persiapan pensiun dengan menerapkan 4 hal ini.

Persiapan Dana Pensiun

Masa pensiun seharusnya menjadi fase indah di mana seseorang bisa menikmati hasil kerja keras mereka selama puluhan tahun. Namun rupanya, masih cukup banyak pensiunan yang justru harus mencemaskan kestabilan finansial mereka ketika mereka masuk ke fase pasca pensiun. Hal ini rupanya disebabkan kurangnya persiapan pensiun yang seharusnya dilakukan sejak masih di usia produktif.

Berdasarkan survei Life Insurance Marketing Research Association (Limra), 49% pensiunan terpaksa menggantungkan hidup kepada orang lain, 29% meninggal saat pensiun, 12% alami kebangkrutan, 5% terpaksa tetap bekerja, 4% mampu mandiri, dan hanya 1% yang menjadi kaya saat pensiun.

Angka-angka tersebut menunjukan bahwa ternyata persiapan pensiun adalah hal yang tidak boleh diabaikan. Dan tentu saja berbagai persiapan pensiun tersebut akan lebih baik dilakukan sedini mungkin sebelum terlambat. Untuk itu, pastikan Anda sudah melakukan 4 hal ini agar Anda bisa menikmati masa pensiun Anda dengan tenang dan nyaman:

Persiapan Pensiun yang Patut Anda Terapkan

1. Hitung Kebutuhan Saat Pensiun

Jaminan Hari Tua

Anda perlu memproyeksikan kebutuhan pasca pensiun Anda sesuai dengan gaya hidup yang Anda jalani. Hal ini cukup penting agar Anda memiliki bayangan soal kondisi finansial Anda nantinya, karena besar kemungkinan jumlah pemasukan Anda akan menurun saat memasuki masa pensiun nanti. Anda juga perlu mengetahui berbagai sumber pendapatan yang bisa Anda terima selepas berhenti dari pekerjaan Anda.

Dengan memiliki gambaran berapa besar kebutuhan dan potensi pemasukan Anda di masa pensiun, Anda bisa dengan cermat menyiapkan kebutuhan tersebut dari jauh-jauh hari. Meremehkan persiapan pensiun secara finansial sejak dini adalah salah satu kesalahan besar yang dilakukan banyak orang, yang tentunya bisa merugikan Anda sendiri nantinya.

2. Lunasi Semua Cicilan Sebelum Pensiun

Masa pensiun adalah masa di mana Anda menikmati segala pencapaian Anda, menghabiskan waktu dengan keluarga, dan menghabiskan hari tua dengan tenang melakukan berbagai kegiatan yang membuat Anda bahagia.

Agar hal itu terwujud, Anda harus terbebas dari segala hal yang membebani Anda. Salah satunya adalah cicilan. Terutama, cicilan yang jumlahnya lumayan besar seperti cicilan rumah atau kendaraan. Itulah manfaat memiliki persiapan pensiun dari jauh-jauh hari, sehingga Anda bisa menhindari pengeluaran yang memberatkan di masa tua.

Memiliki skala prioritas dan gaya hidup yang sesuai kemampuan berperan penting dalam mewujudkan masa tua yang bebas cicilan. Jangan sampai Anda terbiasa lebih mendahulukan hal-hal tersier daripada melunasi berbagai cicilan yang Anda. Karena bisa jadi cicilan-cicilan yang mungkin terasa ringan di usia produktif bisa menjadi terasa berat ketika Anda sudah memasuki usia pensiun dengan pemasukan yang menurun.

3. Persiapkan Tabungan dan Dana Darurat

Persiapan pensiun yang satu ini adalah poin yang cukup jelas manfaatnya. Ketika Anda pensiun, jumlah pemasukan Anda akan menurun, namun Anda tentu tetap punya kebutuhan yang harus dipenuhi. Apalagi, sering kali akan ada beberapa kebutuhan darurat yang di luar perkiraan, sehingga mau tidak mau akan ada pengeluaran ekstra yang harus Anda siapkan. Itulah sebabnya kenapa memiliki tabungan dan dana darurat adalah hal yang vital.

Untuk memiliki tabungan yang cukup tentu perlu disiapkan dari jauh-jauh hari, bahkan sejak awal Anda mulai bekerja. Idealnya, Anda menyisihkan 30% dari pendapatan Anda untuk ditabung secara konsisten. Jika Anda membiasakan hal itu sejak dini, maka jumlah tabungan Anda akan lebih dari cukup untuk memenuhi kebetuhan Anda di masa pensiun nanti.

4. Jaga Kesehatan dan Punya Perlindungan

jaga kesehatan

Di usia apapun, kesehatan harus selalu menjadi prioritas. Apalagi ketika menjelang usia pensiun, salah satu persiapan pensiun yang sebaiknya sesegera mungkin Anda mulai adalah beralih ke gaya hidup yang lebih sehat. Hindari makanan junk food, perbaiki pola tidur, serta mulai buat jadwal olah raga yang teratur.

Selain menjaga kesehatan, memiliki asuransi jiwa juga menjadi hal yang wajib Anda siapkan di masa persiapan pensiun. Asuransi jiwa bisa memberikan perlindungan bagi Anda jika sewaktu-waktu terjadi masalah kesehatan yang tidak diinginkan, sehingga masa tua Anda tidak dihantui oleh perasaan cemas akan adanya kebutuhan untuk perawatan medis.

Saat sakit, pastinya Anda menginginkan pelayanan terbaik agar bisa lekas kembali sehat. Untuk mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik seperti itu tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit, apalagi jika Anda sudah berstatus sebagai pensiunan. Dengan adanya asuransi jiwa, Anda sama sekali tidak perlu lagi mencemaskan soal hal tersebut.

Kehadiran asuransi jiwa merupakan jaminan bahwa semua kebutuhan Anda akan tetap terpenuhi selama Anda sakit dan membutuhkan perawatan medis. Itulah sebabnya sesegera mungkin membeli paket asuransi jiwa adalah langkah persiapan pensiun yang bijak yang perlu Anda ambil.

5. Siapkan Rencana Investasi dan Peluang Passive Income

Salah satu kunci dari memiliki masa tua yang tenang dan nyaman adalah ketika Anda tidak perlu mencemaskan kondisi finansial meskipun Anda sudah tidak memiliki pekerjaan tetap yang bisa memberi Anda pemasukan rutin tiap bulannya.

Ada dua cara agar kondisi finansial Anda tetap sehat meskipun sudah pensiun, yaitu dengan berinvestasi, serta mencari peluang mendapatkan passive income. Dua hal itu bisa Anda lakukan jika Anda memang sudah memiliki gambaran dan persiapan pensiun yang matang sejak jauh hari.

Saat ini, sudah ada banyak jenis investasi yang bisa Anda pilih. Mulai dari reksa dana, obligasi, saham, logam mulia, hingga investasi berupa properti. Dengan ragam alternatif yang banyak, Anda pun bebas memilih jenis investasi yang sesuai dengan kemampuan finansial dan karakter Anda.

Selain itu, passive income juga merupakan hal penting yang sangat berdampak pada kondisi finansial Anda pasca pensiun. Sehingga nantinya Anda tetap memiliki pendapatan meskipun Anda sudah tidak memiliki pekerjaan. Bahkan, jika Anda bisa mengelola dengan cermat, bukan hal yang tidak mungkin nilai passive income Anda melebihi jumlah penghasilan Anda sebelumnya.



Pertambahan umur adalah hal yang tidak bisa dihindari oleh siapapun, begitu juga dengan pensiun. Meskipun memang pensiun berarti Anda tidak lagi bisa mengandalkan pendapatan dari pekerjaan Anda, namun bukan berarti masa-masa pensiun adalah masa menyeramkan di mana Anda harus membayar berbagai hal tanpa memiliki pendapatan yang jelas.

Dengan perencanaan dan persiapan pensiun yang tepat, masa-masa pensiun justru adalah masa indah di mana Anda bisa menikmati berbagai pencapaian yang sudah Anda raih. Setelah pensiun, waktu yang bisa Anda habiskan untuk keluarga pun semakin banyak. Anda pun bisa menekuni hobi-hobi Anda yang sebelumnya jarang Anda lakukan karena bekerja.

Menghidupi masa pensiun yang nyaman dan mapan bukanlah kemustahilan. Selama Anda sudah memiliki rencana finansial yang cermat, berinvestasi dengan tepat, dan memiliki asuransi jiwa yang bisa memproteksi Anda, rasanya tidak perlu ada yang Anda cemaskan. Maka cermatlah dalam membuat persiapan pensiun Anda agar Anda bisa menikmati hari tua dengan bahagia bersama keluarga.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.